Baja Ringan Blog Desain Konstruksi

Desain Atap Rumah Kekinian

Desain Atap Rumah

Desain Atap Rumah – Dalam beberapa tahun terakhir, desain rumah minimalis menjadi pilihan yang paling banyak. Hampir di beberapa developer perumahan pun mulai mengadopsi desain rumah minimalis sesuai dengan keinginan pasar.

Bagi para pemilik rumah, mempercantik rumah bukan hanya dari interior rumah saja, eksterior rumah pun tak luput dari perhatian. Eksterior rumah tersebut mencakup atap rumah, pagar rumah, taman, hingga tembok bagian luar seperti definisi menurut  Wikipedia merupakan bagian luar (rumah, gedung, bangunan, dan sebagainya.)

Jika dilihat dari pola atap rumah yang ada di Indonesia, memang kebanyakan memiliki bentuk desain atap rumah yang sama. Seperti yang kita ketahui, desain dari atap rumah itu sendiri akan memengaruhi konsep secara keseluruhan dari sebuah rumah. Bisa menentukan juga bahan atau material apa yang akan digunakan untuk menyesuaikan dari desain yang diinginkan oleh pemilik rumah.

Baca Juga : Pagar Baja Ringan

Nah, berikut adalah 7 Desain Atap Rumah kekinian yang bisa menjadi inspirasi bagi anda yang saat ini sedang mendambakan rumah impian!

Model Atap Baja Ringan

Model atap baja ringan ini merupakan sebuah produk buatan dari fabrikator yang mulai menunjukkan kekuatan, konstensi dalam bentuk, dan kualitasnya. Meskipun lebih ringan dari baja konvensional, siapa sangka bahwa model atap baja ringan ini mampu menahan beban yang cukup kuat. Selain kuat, model atap ini juga memiliki daya tahan yang cukup lama.

Selain pemasangan yang mudah dan efisien secara biaya, model atap baja ringan ini juga memilii beberapa keunggulan lainnya seperti tahan terhadap karat, konstruksi yang ringan, dan dapat didaur ulang atau digunakan kembali ketika anda ingin melakukan renovasi.

Model Atap Joglo

Meskipun perkembangan zaman semakin cepat dan modern, model atap rumah joglo ini juga masih menjadi opsi yang masih digunakan di beberapa daerah di Jawa, seperti: Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya. Konsep model atap joglo ini dapat diaplikasikan untuk desain rumah, restaurant atau rumah makan, hingga digunakan sebagai konsep perkantoran tradisional. Apalagi jika memang anda adalah pencinta desain  rumah unik.

Model Atap Joglo

Penggunaan atap ini sangat sederhana yang menggunakan bahan kayu dipadukan dengan genteng tanah liat. Atapnya juga kuat, ringan, dan memantulkan panas sehingga lebih sejuk. Meskipun begitu, atap ini apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama akan muncul perubahan warna yang semakin memudar dan bahkan jamur.

Baca Juga : Jenis Ayam Petelur

Model Atap Pelana

Model atap pelana mungkin akan anda jumpai di beberapa perumahan yang mengusung konsep minimalis dan berada di daerah yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia bahkan bersalju karena atap ini tidak membuat genangan saat hujan atau saljur turun dan akan mudah untuk mengalir kebawah. Juga bisa anda temukan di bangunan sekolah atau perkantoran. Ciri utama dari atap ini yaitu memiliki dua bidang berbentuk trapezium degan kemiringan kurang lebih 30-40 deajat yang akan bertemu di titik puncak.

Model Atap Pelana

Model atap pelana ini juga dapat membantu mengurangi hawa panas di dalam ruangan karena bentuk langit-langitnya yang memiliki ruang lebih banyak.

Model Atap Miring

Model atap miring ini mungkin lebih banyak diaplikasikan atau digunakan pada bentuk bangunan villa yang terletak di beberapa wilayah wisata ada juga yang mengaplkasikannya sebagai bentuk atap rumah menengah keatas bisa juga diaplikasikan pada rumah bungalow di sebuah real estate.

Model Atap Miring

Sebenarnya, model atap ini akan menjadi desain atap yang cukup simple karena memang model atap ini membantu membuat ruangan di rumah kita terlihat lebih luas. Apalagi jika dipadukan dengan warna cokelat dan penggunaan jendela kaca transparan yang membuat sumber cahaya yang akan masuk di siang hari juga lebih banyak.

Model Atap Datar

Model atap datar ini membuat rumah anda semakin minimalis dan terlihat simple. Apalagi jika anda adalah tipe orang yang senang bersantai saat akhir pekan. Atau untuk penggunaan lainnya yang mendukung hobi anda. Bisa juga sebagai balkon untuk tempat berkumpul keluarga.

Model Atap Datar

Model Atap Susun

Model atap susun ini terbagi atas 2 model, model atap susun 2 dan model atap susun 3, tergantung pada selera desain anda. Jika anda ingin mendesain rumah anda menjadi rumah yang sederhana namun tetap memiliki sentuhan minimalis, anda dapat mengaplikasikan dengan menggunakan mode atap susun 2. Akan tetapi, jika anda ingin mengaplikasikan dan menjadikan rumah anda dengan desain yang mewah, anda bisa menjatuhkan pilihan untuk menggunakan model atap susun 3.

Menggunakan model atap ini juga dapat mengurangi resiko kebocoran yang dimiliki atap karena tidak ada pertemuan arah air yang berbeda, sehingga tidak ada talang, terlihat luas dan mewah. Kekurangan dari atap ini adalah air hujan yang jatuh ke depan memungkinkan membuat halaman depan rumah anda memiliki banyak genangan air jika tidak memiliki sistem drainase yang baik.

Model Atap Sandar

Jika anda adalah pencinta desain kontemporer, pilihan menggunakan model atap sandar ini mungkin bisa menjadi pilihan. Memang model atap sandar ini pada umumnya dipakai sebagai bangunan tambahan seperti emperan atau sebagai alur air hujan yang jatuh.

Sudah banyak arsitek yang memilih atap sandar atau atap skilion ini. Model atap ini bisa juga dikombinasikan dengan atap pelana. Biasanya model atap ini adalah tepi atas yang menempel dengan tembok vertikal.

Model atap ini memang memiliki karakteristik yang atraktif dengan memanfaatkan aliran air yang diarahkan menuju ke satu tempat saja, biasanya sisi samping rumah.

Jadi, sudah menentukan pilihan akan menentukan model atap rumah seperti apa yang sesuai dengan apa yang anda inginkan?

Pilihlah model atap rumah yang seusai dengan keinginan anda baik secara desain dan secara biaya.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

GIGASTEEL Bukan Sekedar Baja Ringan

Rizal

Bagian Terpenting Didalam Konstruksi Bangunan

SystemBajaRingan

Beberapa Macam Jenis Hollow di Pasaran

SystemBajaRingan

Leave a Comment

Hubungi Kami