Baja Ringan Blog

Definisi Baja Ringan, Material Bangunan Populer

Definisi Baja Ringan, Material Bangunan Populer

Definisi Baja Ringan adalah baja yang berkualitas tinggi dan ringan yang memiliki kekuatan yang tidak kalah baik dengan baja konvesional umumnya, ketebalan baja ringan bermacam -macam mulai dari 0.20mm dampai dengan 1.00mm dan disesuaikan menurut fungsinya. Baja Ringan sendiri merupakan logam campuran yang terdiri dari besi (Fe),Almunium (Al),seng (Zn),Tembaga (Cu) dan titanium (Ti) yang merupakan logam murni.

Pada dasarnya definisi baja ringan dan besi mempunyai kandungan unsur utama yaitu Fe hanya kadar karbon yang membedakannya,untuk melindungi mutu baja dari korosi harus diberikan pelindung yaitu coating secara memadai dan terukur. Jenis coating yang umumnya digunakan adalah Galvanized,Galvalume atau yang sering dikenal zincalume.

Definisi Baja ringan saat ini sudah sangat populer di masyarakat, sudah banyak bangunan sekolah,-sekolah,rumah pribadi,kanopi,masjid dan tempat umum lainnya menggunakan baja ringan.


Kelebihan Baja Ringan

Ringan, kelebihan yang pertama dari baja ringan ini adalah sangat ringan dibandingkan dengan kayu yang agak sedikit berat. Ringan bukan berarti mudah patah, melainkan 

Anti Karat, kenapa masrakat berbondong-bondong beralih ke baja ringan karna baja ringan sendiri memiliki kekuatan yaitu anti karat atau tidak mudah korosi karna sudah dilapisi coating galvalume

Anti Rayap, jauh sekali perbandingannya yang rentan terkena rayap dan rapuh baja ringan merupakan jalan keluar yang baik.

Anti Kebakaran, tentu karna terbuat dari baja dan besi.

  1. Kanal

Kanal merupakan komponen material terpenting ,sebagai pondasi utama kekuatan di Rangka baja ringan, panjang yang biasa dijual oleh kami adalah 6 meter,dengan ketebalan mulai dari 0.65mm ,0.75mm,0.80mm dan paling tebal 1.00mm,bahan yang dugunakan adalah 55% Aluminium,43.5% Zinc dan 1.5% Silicon Alloy ,
membuat bahan ini anti karat.

  • Reng

Reng tidak kalah pentingnya ,reng digunakan sebagai tumpuan untuk peletakan Genteng dan sebagai penguat dari rangka baja nya sendiri.kedua jenis ini Kanal dan Reng tidak dapat di pisahkan. Sama halnya seperti kanal ,Reng meiliki komposisi bahan yang sama seperti kanal,namun yang membedakannya hanya ketebalan saja yaitu antara 0.40mm ,0.45mm dan 0.50mm ,yang umum nya di pakai adalah 0.45mm.

Sumber : Google

Related posts

Alumunium Foil Untuk Atap Rumah

Rizal

Konstruksi Cakar Ayam, Penemuan Membanggakan dari Tanah Air

Rizal

Apa Itu PEB? Ini Dia Penjelasannya

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami