Baja Ringan Blog

Cara Memilih Baja Ringan Yang Benar

Kenali Beberapa Cara Memilih Baja Ringan

Jika anda ingin mengganti rangka atap atau sedang membangun kosntruksi atap rumah, mungkin anda akan mempertimbangkan memakai baja ringan untuk konstruksi atap rumah. Dengan semakin banyaknya baja ringan yang dijual dipasaran, tentunya anda akan berfikir bagaimana cara memilih baja ringan yang baik. Baja yang bagus tak hanya ringan akan tetapi juga harus mempunyai faktor utama, yakni keamanan dan kekuatan bahan.

Sebab sehebat-hebatnya baja ringan untuk atap rumah tinggal, apabila tidak mempunyai faktor tersebut maka akan sangat merugikan pengguna. Atau bahkan bisa saja mengancam nyawa bagi penghuni rumahnya nanti. Oleh sebab itulah, Anda harus tahu terlebih dulu beberapa kriteria dengan cara memilih baja ringan yang terbaik dan layak digunakan serta sesuai dengan standar keamanan nasional.

Lalu bagaimana Cara memilih baja ringan yang tepat untuk kontruksi rangka atap?

  • Merek

Sudah jadi rahasia umum cara memilih baja ringan untuk rangka atap dengan mengetahui merk/brand yang telah beredar, pasar akan selalu tawarkan pilihan beragam merek dengan harga serta kualitas berbeda. Pemilihan yang tepat pada merek baja ringan ini merupakan kunci awal dari Anda dalam membangun struktur rangka atap, tak perduli apa harga baja ringan tersebut murah atau pun mahal. Usahakan menggunakan merek yang benar-benar terpercaya.

  • Elastisitas

Ciri khas dari baja ringan yang bagus adalah bobotnya yang ringan, tak terlalu keras, dan tak terlalu lentur atau pun lembek. Ada baiknya Anda periksa terlebih dulu tingkat keelastisitas baja ringan yang nantinya akan Anda gunakan dengan cara dipegang secara langsung serta sedikit dilengkungkan atau pun dibengkokkan dengan menggunakan tangan.

  • Thickness atau Ketebalan

Cara memilih baja ringan adalah dengan mengetahui berapa ketebalan baja ringan tersebut. Untuk setiap baja ringan akan mempunyai ketebalan atau pun thickness yang berbeda-beda. Yang nantinya akan berpengaruh sekali terhadap kekuatan. Secara umum garis ketebalan baja ringan ini berdasarkan SNI adalah 0.75 mm agar lebih akurat dapat diukur sendiri ketebalannya dengan menggunakan alat pengukur mikro meter. Sebetulnya hal satu ini tak perlu dilakukan sebab untuk setiap baja umumnya ada segel merek dan logo SNI yang akan mencantumkan ukuran ketebalan baja tersebut.

  • Jenis

Perlu Anda tahu jenis baja ringan ini ada dua, yakni galvaniz dan zincalum. Yang mana di sini Anda harus pintar-pintar di dalam memilih baja ringan diantara kedua jenis tersebut. Walaupun keduanya sama-sama ringan. Sampai saat ini jenis zincalume dipercaya mempunyai kualitas terbaik. Atap baja ringan kini semakin menjadi pilihan utama dalam hal membangun rumah. dari segi desain dan ketahanan banyak beragam pilihan yang ditawarkan. Karena banyak penawaran menjadikan harga baja ringan kian terjangkau. Anda tentu diuntungkan karena daftar harga atap dulunya mahal. Tapi kini akan mampu mengurangi biaya bangun rumah dengan cukup baik.

Sumber : Google

Related posts

Wallpaper Untuk Dinding Rumah

Rizal

Atap Rangka Baja Ringan, Solusi Kokoh Untuk Atap

Rizal

Model Rumah Tahan Gempa; Panduan Dasar

Nasuha

Leave a Comment

Hubungi Kami