Baja Ringan

Bentuk Baja Ringan

Bentuk Baja Ringan Kanal C dan Z

Bentuk Baja Ringan – Umumnya, bentuk baja ringan yang sering digunakan ialah bentuk “Canal” atau “C” dan “Omega”. Kedua bentuk itu dapat dipergunakan sebagai penyusun konstruksi baja ringan. Ada juga salh satu produsen terkenal gigasteel membuat Canal Z, dengan bentuk seperti Z, tetapi tidak di jual batangan. Baja ringan dijual bersamaan system yang di buat oleh pihak gigasteel

Baja ringan berbentuk canal atau omega ini sudah mudah ditemukan di beberapa toko penjual baja ringan atau di jasa pemasangan baja ringan.

Yang paling banyak digunakan dan paling sering ditemukan ialah baja ringan berbentuk “Canal” atau “C”. Bentuk ini dianggap sebagai profil baja ringan. Profil Calal C merupakan profil tertua pada material batang baja ringan.

Reng Baja Ringan Ukuran dan Bentuk

Penampang profil ini juga sudah digunakan pada baja konvensional jauh sebelum istilah baja ringan hadir yang hingga saat ini masih dipakai. Pada profil C kelebihan utamanya adalah pada saat digabungkan dua profil C yang saling berhadapan disatukan menjadi “box” atau “kotak”.

Bentuk Baja Ringan Kanal ” C “

Bentuk Baja Ringan
Kanal C
Bentuk Baja Ringan
Kanal C

Bentuk atap bajaringan yang paling terkenal jenis “Canal” / “C”, Reng, & Kaso”, Manfaat dari Bajaringan itu dapat dipergunakan sebagai penyusun semua model konstruksi bangunan yang menggunakan rangka atap bajaringan.

Berbahan plat baja gaya tarik tinggi ( G550 ) / baja ringan yang dilapisi dengan seng + alumunium atau sering disebut ( Zincalume/Galvalume ) memiliki kelebihan anti karat & Rayap. Sering di-aplikasikan sebagai rangka atap baja ringan atau kuda-kuda utama baja ringan.

Jenis Baja Ringan

Terkait dengan dimensi ukuran, tebal baja ringan yang umum digunakan pada sebuah kontruksi pada umumnya memiliki tebal 0,75 mm hingga 1,00 mm pada batang utama kuda-kuda. Sedangkan untuk reng, tebal yang digunakan mulai dari 0,40 hingga 0,60 mm. Dan sementar itu ukuran tinggi profil juga bervariasi, yaitu mulai dari 70 mm hingga 100 mm. Lalu pada batten/reng, tinggi mulai dari 31 mm hingga 60 mm. Variasi ukuran tersebtu ditujukan untuk menyesuaikan dengan beban dan juga kekuatan yang disokong nantinya.

Menjaga Penutup Atap

Ukuran Baja Ringan

Setiap jenis model baja ringan memiki dimensi ukuran, tebal berbeda-beda, sedangkan standar baja ringan yang digunakan konstruksi memliki adalah:

  • Kuda-duka atap: ketebalan 0,75 – 1,00 mm pada batang utama.
  • Reng ukuran ketebalan: 0,40 – 0,60 mm.
  • Tinggi ukuran Profil: 70 – 100 mm
  • Tinggi batten/reng tinggi mulai: 31 – 60mm.

Related posts

Cermati Sebelum Menggunakan Baja Ringan

Rizal

Kanopi Baja Ringan Atap Rumah Anda

SystemBajaRingan

Plafon Atap Untuk Rumah Anda

Nasuha

Leave a Comment

Hubungi Kami