Baja Ringan Blog Konstruksi

Bedanya Baja Ringan System dan Baja Ringan Batangan, Apa Aja?

Bedanya Baja Ringan System

Bedanya Baja Ringan System – Baja ringan menjadi salah satu material untuk rangka atap yang semakin banyak dipasaran. Kemudahan pemasangan dan daya tahan yang lebih baik membuat baja ringan menjadi pilihan untuk menggantikan material kayu. Keunggulannya pun sudah tidak diragukan lagi jika dibandingkan dengan material kayu tadi. Kayu memang kuat, akan tetapi, di sisi lain kayu tidak tahan akan rayap bahkan kini semakin sulit untuk mendapatkan kualitas kayu terbaik.

Baca Juga : Penurunan Kualitas Baja Ringan, Karena Apa?

Seiring tingkat popularitasnya yang semakin menanjak, orang-orang mulai mencari tahu lebih detail mengenai baja ringan ini. Kini, terdapat 2 distributor yang membedakannya; Baja Ringan System dan Baja Ringan Batangan.

Bagi anda yang masih awam, membeli baja ringan mungkin akan lebih mudah jika dilakukan secara batangan. Sah-sah saja opsi tersebut. Akan tetapi, anda harus memikirkan beberapa material pendukung dan bisa membuang waktu anda saat mencari material pendukung tersebut.

Lalu, bagaimana dengan baja ringan system? Apa perbedaanya dengan baja ringan batangan? Mari kita bahas bedanya baja ringan system dengan baja ringan batangan

Mutu & Garansi

Mutu menjadi hal yang cukup penting. Standar mutu yang jelas tentu membuat produk tersebut memang memiliki kualitas terbaik. Baja ringan system memiliki mutu produk baja yang sudah sesuai standar dengan kekuatan yang dimiliki yakni G550.

Kekuatan Leleh Minimum550 Mpa
Tegangan Minimum550 Mpa
Modulus Elastisitas200.000 Mpa

Mutu dari baja ringan system ini sudah sesuai dengan Standar Internasional seperti
ASTM (American Society for Testing and Materials), AS, dan JIS (Japanese Industrial Standard). Selain itu, baja ringan system juga sudah sesuai dengan mutu standar yang dimiliki Indonesia, sesuai dengan Standar Nasional Indonesia.

Dengan kualitas mutu yang sudah sesuai dengan standar, tentu akan berpengaruh terhadap garansi yang akan diterima konsumen.

Lalu, bagaimana dengan baja ringan batangan? Jika membahas mutu dari baja ringan batanganan yang beredar di pasaran, kita belum bisa mengetahui mutu dari baja itu sendiri. Begitupun dengan standarnya, baja ringan batangan yang beredar di pasaran tidak semuanya sesuai dengan SNI. Sehingga claim garansinya pun masih sulit dan belum jelas.

Untuk baja ringan system sendiri memiliki garansi struktur 10 tahun, sedangkan baja ringan batangan belum memiliki kejelasan sehingga akan sulit kepada siapa garansi tersebut bisa diajukan.

Lapisan Anti Karat

Lapisan anti karat menjadi bagian yang cukup penting jika menggunakan rangka atap baja ringan. Lapisan ini yang menjadi andalan bagi baja ringan. Lapisan anti karat yang diberikan oleh baja ringan system ini memiliki 2 jenis lapisan anti karat. Lapisan pertama adalah lapisan Alumunium Zinc/ Galvalume dengan tebal lapisa 100gr/m2. Lapisan kedua adalah Galvanis dengan ketebalan lapisan 220gr/m2. Kedua lapisan ini merupakan kandungan lapisan anti karat yang melebihi standar nasional.

Sedangkan untuk baja ringan batangan mungkin saja menggunakan lapisan alumunium, akan tetapi standar ketebalannya masih belum jelas sehingga menimbulkan kesan hanya untuk terlihat ada lapisan anti karat.

Desain Struktur

Salah satu kelebihan dari baja ringan system ini adalah dari proses awal hingga menjadi satu rangka atap yang utuh menggunakan system. Proses awal yang menggunakan software membuat baja ringan system memiliki keunggulan lebih daripada baja ringan batangan yang lebih mengandalkan pengalaman saja.

Baja ringan system memiliki perhitungan yang sesuai dengan software yang digunakan. Dengan penggunaan software ini tentu akan meminimalisir kelebihan maupun kekurangan dari material yang ada. Selain itu, software yang digunakan pun sesuai dengan software menurut HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia).

Konektor dan Alat Sambung

Kekuatan sebuah struktur sangat bergantung pada kekuatan sambungannya. Penggunaan baja ringan system membuat anda tidak perlu membuang-buang waktu untuk mencari secara terpisah membeli konektor dan alat sambung untuk rangka atap baja ringan.

Elemen konektor dan alat sambung seperti sekrup ini juga tidak bisa disepelekan. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap sambungan antar kuda-kuda yang juga akan memperkuat keseluruhan konstruksi atap. Sekrup juga tidak bisa dianggap remeh, akrena sekrup memiliki peran yang cukup penting untuk menyambungkan rangka atap baja ringan.

Baca Juga : Proses Pelapisan Galvanis Elektroplating dengan Hot Dip Galvanizing

Kontrol Pemasangan

Bedanya baja ringan system dengan baja ringan batangan yang terakhir adalah kontrol pemasangannya. Baja ringan system sudah dilakukan perakitan dan pemotongan di pabrik yang sudah sesuai dengan desain hasil perhitungan dari software. Dengan sistem pabrik ini, pengontrolan terhadap kualitas akan sangat baik.

Bedanya baja ringan system dengan baja ringan batangan itu dilihat dari baja ringan batangan yang harus dibawa ke lokasi pembangunan dan baru akan dilakukan pemotongan. Hal ini tentu akan membuat anda mengalami kerugian waktu jika memang material yang dibutuhkan kurang.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Penggunaan Baja Ringan Solusi Menjaga Hutan

Rizal

Arsitek Terkenal Dunia Yang Menghebohkan

Rizal

Jenis Jenis Material Rangka Atap

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami