Baja Ringan Terbaik Saat Ini

SystemBajaRingan

Pertanyaan ini akan timbul jika kita ingin menggunakan atau mengganti atap rumah kita, Kenapa Pemasangan Baja Ringan harus menggunakan System ?…Kita Ketahui bersama banyak sekali para tukang baja ringan memasang baja ringan pada atap hanya bermodalkan pengetahuan sedikit tentang dunia konstruksi atap.

Memasang Rangka Baja Ringan
Memasang Rangka Baja Ringan

Mungkin benar jika rangka baja ringan itu 100% ideal. Tapi, asal semuanya syaratnya terpenuhi. Penggunaan baja ringan sebagai struktur rangka atap rumah saat ini memang sudah mulai banyak digunakan banyak orang dan pengembang perumahan. Tak hanya pengembang kelas menengah ke atas , pengembang kelas menengah ke bawah pun mulai menggunakan material yang satu ini. Alasan utama utamanya adalah harga kayu yang semakin melambung sementara kualitasnya semakin menurun. Ada faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil akhir hingga nilainya tidak mencapai 100% sempurna. Bahkan dalam kondisi terburuk, rangka BR ini gagal berfungsi dan membahayakan penghuni rumah dan bisa menyebabkan Ambruknya Atap Rumah yang terbuat dari Baja Ringan,

Lantas hal apa yang dapat menurunkan kualitas pemasangan atap baja ringan.

  • DUDUKAN RANGKA BERMASALAH
  • CARA PEMASANGAN YANG TIDAK BENAR
  • YANG MEMASANG BUKAN AHLINYA
  • KUALITAS MATERIAL RENDAH
  • BEBAN BERLEBIH TANPA RENCANA
  • KASAR SAAT PEMASANGAN GENTING
  • LOKASI MEMPENGARUHI KUALITAS
  • TIDAK MENGGUNAKAN SOFTWARE ATAU SYSTEM

Mari Kita bahas satu persatu :

DUDUKAN RANGKA BERMASALAH

DUDUKAN RANGKA BAJA RINGAN BERMASALAH
DUDUKAN RANGKA BAJA RINGAN BERMASALAH

Sedikit banyak dudukan rangka mempengaruhi kinerja atap baja ringan. Jika dudukan miring atau tidak sesuai, kuat tekan baja ringan tidak akan tersalur sempurna dan seimbang. Lambat laun, ini akan mempengaruhi kekuatan konstruksi. Jika terjadi ketidakseimbangan, kemungkinan ambruk sangat besar.

CARA PEMASANGAN YANG TIDAK BENAR

Cara Pemasangan Baja Ringan Yang tidak benar
Cara Pemasangan Baja Ringan Yang tidak benar

Karena ini adalah sebuah system rangka, jadi pemasangan wajib tepat. Sedikit kesalahan akan membuat system rangka tidak berfungsi. Jika diibaratkan rangaka BR ini seperti sapu lidi. Benda tak bias berdiri sendiri. Pemasangan harus didukung oleh perkiraan beban dan kualitas bahan yang baik. Pemasangan rangka memiliki prosentase keberhasilan dan kegagalan yang sangat vital. Jika salah, siap-siap rangka ambruk. Tak perduli itu sudah di desain dengan rangka yang benar, dihitung dengan cermat dan menggunakan kualitas bahan yang baik. Tidak akan berguna dengan cara pemasangan yang tidak benar.

YANG MEMASANG BUKAN AHLINYA

YANG MEMASANG BUKAN AHLINYA
YANG MEMASANG BUKAN AHLINYA

Rangka atap baja ringan tidak bisa dipasang oleh sembarang orang. Hanya orang yang berpengalaman dan terlatih yang bias melakukannya. Hal ini karena struktur rangka baja ringan telah di asumsikan dan dihitung secara 3 dimensi menjadi satu kesatuan. Andaikata ada satu saja pemasangan yang tidak tepat akan melemahkan struktur lainnya. Pemasangan harus dilakukan oleh orang yang ahli dan memiliki sertifikat. Kalau pemasangannya tepat, tidak perlu ada yang di khawatirkan. Rangka akan kuat menopang atap hingga berfungsi maksimal.

KUALITAS MATERIAL RENDAH

KUALITAS MATERIAL BAJA RINGAN RENDAH
KUALITAS MATERIAL BAJA RINGAN RENDAH

Jangan asal cari murah, tapi pakailah rangka BR yang berkualitas. Ingat, rangka baja ringan posisinya diatas kepala kita. jadi, jika anda membeli rangka kualitas rendah sama saja anda menantang bahaya. Sangat mudah menentukan BR berkualitas atau tidak.jika anda tak ingin pusing lihat saja merk nya dan konsultasikan dengan desainer rumah anda. Merek-merk dari produsen besar yang memiliki nama, tentunya lebih dapat diandalkan. Anda juga sebaiknya tidak mencampur beberapa merk, termasuk sampai baut-bautnya.

BEBAN BERLEBIH TANPA RENCANA

BEBAN BAJA RINGAN BERLEBIH TANPA RENCANA
BEBAN BAJA RINGAN BERLEBIH TANPA RENCANA

Jika anda ingin menaruh beban berat seperti lampu gantung, pemanas air, tendon air, atau apapun yang akan ditaruh dan berhubungan dengan rangka atap, sebaiknya direncanakan dari awal. jika tidak, dikhawatirkan tidak dapat menahan beban berat dan mengakibatkan atap ambruk.

KASAR SAAT PEMASANGAN GENTING

KASAR SAAT PEMASANGAN GENTING
KASAR SAAT PEMASANGAN GENTING

Benar jika BR bersifat anti karat. Dengan syarat lapisan anti karatnya tidak hilang. Salah satu yang membuat anti karat mengelupas adalah pada saat pemasangan genting, jangan sampai terjadi banyak benturan dan goresan antara genting dengan BR. Karena sedikit banyak akan menghilangkan lapisan anti karatnya hilang. Lambat laun, karat ini akan menurunkan kualitas BR

LOKASI MEMPENGARUHI KUALITAS

LOKASI MEMPENGARUHI KUALITAS
LOKASI MEMPENGARUHI KUALITAS

Lokasi sangat mempengaruhi kualitas BR.orang berada di daerah pegunungan cenderung sedikit masalah jika dibandingkan dengan orang yang memakai baja ringan di daerah pantai. Ini terkait dengan korosi yang disebabkan hawa air laut, jika di asumsikan, BR didaerah pegunungan dapat berumur 20 tahun sedang di daerah pantai hanya bertahan 10 tahun

TIDAK MENGGUNAKAN SOFTWARE ATAU SYSTEM

BAJA RINGAN AMBRUK
BAJA RINGAN AMBRUK

Semua Tukang BR atau pun Tukang Kayu yang sudah terbiasa pasang atap rumah sudah pasti bisa pasang BR, karna pada dasarnya hampir sama dengan cara pemasangan atap rumah dengan kayu.

TAPI !!! Harus di ingat Kekuatan sebuah atap para tukang tidak bisa memprediksi, karna hanya berdasarkan kira kira saja, tidak diperhitungkan dengan software khusus untuk pemasangan BR.

Jika hanya berdasarkan kira kira apakah anda yakin kekuatan baja ringan akan tahan lama. Mungkin sesuatu yang tidak kita inginkan akan terjadi pada atap rumah kita AMBRUK nya sebuah atap, jika hanya materialnya saja yang ambruk mungkin kita bisa pasang kembali, tapi jika di dalam rumah kita ada keluarga kita yang sedang tertidur lelap ” APA YANG AKAN TERJADI “, oleh karena itu sayangilah keluarga kita dari musibah, hanya karena salah struktur pemasangan Atap BR di rumah kita

Semua Kesalahan diatas harus di perhitungkan dengan Baja Ringan System atau Software Khusus BR.

BERIKUT TIPS PENTING SEBELUM MEMASANG ATAP BAJA RINGAN

BERIKUT TIPS PENTING SEBELUM MEMASANG ATAP BAJA RINGAN
BERIKUT TIPS PENTING SEBELUM MEMASANG ATAP BAJA RINGAN

Atap merupakan elemen penting sebagai pelindung hunian dari cuaca panas dan hujan. Adapun pemasangan atap perlu dipadukan dengan konstruksi rangka sebagai penopangnya. Konstruksi rangka atap tersebut terdiri dari berbagai jenis seperti kayu, baja atau BR.

Saat ini, material BR sedang menjadi primadona. Material yang satu ini memiliki banyak kelebihan, utamanya adalah bobot yang begitu ringan untuk memudahkan proses pemasangan rangka atap, namun sangat kokoh untuk menopang berbagai jenis atap yang akan digunakan.

Kamu berencana memasang BR sebagai konstruksi rangka atap? Sebelum melakukannya, Kania memiliki banyak tips penting yang perlu kamu ketahui sebelum memakai BR. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya.

Sesuaikan Rangka Baja ringan dengan Model Atap

Sesuaikan Rangka Baja ringan dengan Model Atap
Sesuaikan Rangka Baja ringan dengan Model Atap

Rangka BR bisa dibentuk menyesuaikan variasi model atap yang kamu inginkan. Namun, pembentukan rangka dari atap baja ringan harus kamu sesuaikan dengan beban yang akan ditumpu. Nah, jika kamu ingin memastikan kekuatan rangka desain atap dari BR, silahkan buat jarak yang cukup rapat antar BR supaya bisa menopang beban dengan sempurna, baiknya maksimal kerenggangan antar BR adalah 150 cm.

Sesuaikan Rangka Baja Ringan dengan Jenis Penutup Atap

Sesuaikan Rangka Baja Ringan dengan Jenis Penutup Atap
Sesuaikan Rangka Baja Ringan dengan Jenis Penutup Atap

Meskipun kamu menggunakan rangka dari material BR, bukan berarti kamu hanya bisa menggunakan penutup atap dari bahan logam saja. Di sini, kamu diberikan kebebasan untuk menggunakan berbagai jenis penutup atap atau genteng seperti asbes, keramik, beton, hingga kaca. Sesuaikan penggunaan penutup atap karena semakin berat bobot penutup atap, semakin banyak BR yang harus kamu gunakan.

Cek Kualitas Baja Ringan

Cek Kualitas Baja Ringan
Cek Kualitas Baja Ringan

Kualitas dari BR bisa dilihat dari nilai tegangan tarikan. Setidaknya, BR yang kamu pilih memiliki nilai tegangan tarikan 550 Mpa sehingga kokoh untuk menopang berbagai jenis atap.

Selain itu, penghitungan kualitas BR juga menggunakan SAE grade sebagai patokan, di mana baja ringan dengan kualitas terbaik memiliki nilai SAE grade 980. Perlu kamu ketahui, semakin kecil nilan tegangan maka menunjukan bahwa tarikan BR semakin rendah sehingga mempengaruhi kekuatan dalam menopang beban.

Baca juga :  Baja Ringan Terbaik GIGASTEEL

Pengecekan kualitas BR juga bisa dilakukan dengan melihat lapisan anti korosi yang digunakan. Di pasaran, terdapat BR yang dilapisi zinc (galvanis) atau lapisan aluminium zinc (galvalume). Untuk BR dengan lapisan zinc umumnya dijual dengan harga murah, tahan terhadap campuran semen, namun tidak tahan terhadap air garam.

Sementara itu, BR dengan lapisan galvalume lebih tahan terhadap zat-zat korosif namun tidak tahan terhadap semen, umumnya banyak digunakan pada bangunan yang terletak di kawasan pantai.

Perhatikan Sistem Penguat Pada Baja Ringan

Sistem Penguat Pada Baja Ringan
Sistem Penguat Pada Baja Ringan

BR memiliki bentuk yang jauh lebih tipis ketimbang baja konvensional. Hal ini menyebabkan BR jauh lebih fleksibel untuk dipasangkan ke berbagai bentuk atap.

Akan tetapi sifatnya yang tipis mempengaruhi kekakuan BR karena meskipun sangat kokoh dalam menopang beban, namun berisiko melengkung bahkan roboh jika pemasangannya tidak tepat. Saat kamu membeli BR, baiknya kamu turut menyiapkan batang penyangga atau bracing dalam jumlah yang memadai sesuai jumlah BR yang akan digunakan.

Pilih BR Pre-fabrikasi

Pilih Baja Ringan Pre-fabrikasi
Pilih Baja Ringan Pre-fabrikasi

Metode pre-fabrikasi merupakan model pemasangan BR yang sebelumnya sudah dipotong-potong oleh pabrik. Dengan memilih BR model pre-fabrikasi, para tukang bisa bekerja lebih efisien karena tak perlu melakukan penghitungan dan pengukuran manual sewaktu memasangnya. Selain itu, pemilihan BR pre-fabrikasi juga memiliki jaminan rapi dan akurat.

Pilih dengan Dukungan Garansi

Pilih dengan Dukungan Garansi
Pilih dengan Dukungan Garansi

Hal penting lainnya, pastikan bahwa BR yang kamu beli dilindungi oleh dukungan garansi. Ya, garansi baja ringan tersebut tak hanya berlaku untuk pemakaian dan instalasi saja, melainkan garansi produksi yang menyatakan bahwa ketahanan baja ringan telah diuji coba sesuai keterangan nilai tegangan tarikan yang dilampirkan.

Catatan :

BR = BAJA RINGAN

Sumber Google

Hubungi Kami