Baja Ringan Konstruksi

Baja Ringan Batangan atau Baja Ringan System?

Baja Ringan Batangan

Baja Ringan Batangan – Untuk membangun sebuah konstruksi bangunan kita diberikan pada dua opsi pilihan desain, menggunakan desain sendiri dari desain yang sudah tersedia atau dengan menggunakan desain dari aplikator yang pada nantinya kita akan terima secara keseluruhan. Dua pilihan ini sering didasarkan pada beberapa faktor seperti: biaya, waktu, dan lain sebagainya.

Dalam membangun sebuah rumah misalnya, jika kita ingin menggunakan produk-produk terbaik pada setiap bagian konstruksi yang ada. Mulai dari Atap hingga bagian eksterior rumah yang harus menggunakan bahan-bahan yang terbaik.

Baca Juga : Kaso Metal, Apa Saja Keunggulannya?

Membandingkan dan melakukan survey untuk menentukan budget yang kita miliki dan akan kita keluarkan saat membangun, memang menjadi hal yang paling utama.

Untuk bagian atap misalnya, jika anda menjatuhkan pilihan menggunakan rangka baja ringan daripada menggunakan rangka dari kayu konvensional, langkah selanjutnya adalah anda harus menentukan anda akan membeli baja ringan secara batangan atau menjalin kerjasama dengan aplikator yang sudah mulai menggunakan baja ringan system.

Saat ini, tersedia berbagai bentuk, harga, serta merk baja ringan sudah dapat dijumpai ditoko-toko bahan bangunan. Semakin banyak merk , bentuk, dan harga membuat anda kini dapat memilih baja ringan untuk atap yang dikehendaki. Dan tentunya sesuai dengan kebutuhan dari poyeksi pembangunan rumah anda.


Pada dasarnya, menggunakan baja ringan yang tidak bersistem atau biasa disebut dengan baja ringan batangan tetap sah-sah saja. Karena tergantung bagaimana selera atau minat anda dalam memilih rangka terbaik untuk atap rumah anda.

Mari kita bahas, apa saja sih keuntungan jika anda menggunakan Baja Ringan System dan Baja Ringan Batangan?

Garansi Baja Ringan

Sebelum anda memutuskan untuk membeli sesuatu, pastikan barang anda memiliki garansi dan standar yang sudah sesuai dengan peraturan yang anda. Garansi menjadi salah satu langkah untuk kenyamanan dalam jangka waktu yang cukup lama pada bangunan anda.

Baca Juga : Rangka Atap Alumunium yang Harus diketahui

Jika anda memutuskan untuk membeli baja ringan batangan, pastikan baja tersebut memiliki garansi yang cukup jelas. Sehingga ada jaminan bagi anda jika baja ringan tersebut adalah produk baja terbaik. Sedang baja ringan system memberikan jaminan garansi yang sesuai dengan UU Jasa Konstuksi No.2 Tahun 2017, bahwa garansi yang diberikan selama 10 tahun.

Profesionalitas

Jika anda menggunakan aplikator yang menggunakan software untuk perencanaan baja ringan system, maka anda tidak perlu khawatir akan terjadi beberapa kesalahan seperti kekurangan/ kelebihan bahan baja ringan. Juga dikerjakan oleh para ahli yang sudah tersertifikasi dan sudah memiliki pengalaman yang cukup lama dalam menggunakan software untuk men-desain dengan sesuai. Perhitungan dan gambar design menggunakan software khusus rangka atap baja ringan yang dioperasikan oleh desainer profesional dan berpengalaman yang bertujuan agar perhitungan bisa sesuai dengan apa yang diinginkan.

Sedangkan baja ringan batangan tentu hanya sesuai kebutuhan yang berdasarkan perkiraan saja. Sehingga bisa saja memiliki kemungkinan kelebihan atau bahkan kekurangan bahan. Selain itu, baja ringan batangan hanya dijual bajanya saja tidak beserta konektor atau bahan pendukung material baja itu sendiri.

Selain tidak semua tukang yang bisa memasang baja ringan dan telah benar-benar mengaplikasikan material pada penyusun rangka atap sesuai dengan sistem konstruksi yang tepat dengan mempertimbangkan berbagai aspek seperti aspek keamanan pengguna banguan.

Patut diketahui bahwa standar pemasangan baja ringan memegang peran sangat penting guna mendapatkan fungsi yang optimal dari penggunaan material tersebut. Material ini menjadi kokoh karena sistem rangka yang terangkai jadi satu, bukan diukur dari kekuatan persatuan batang.

Efisien

Aspek efisien secara waktu dan biaya juga menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan akan menggunakan rangka atap baja ringan batangan atau menggunakan baja ringan system.

Baja ringan system sendiri dari pendesainan hingga pemasangan itu juga sangat mendukung efisiensi waktu dan biaya. Perhitungan dilakukan mulai dari saat proses di pabrik, saat sudah sampai dilokasi baja ringan hanya tinggal dipasang. Sehingga bisa memangkas pemasangan waktu untuk lebih cepat karena tidak takut harus memikirkan jika ada bahan material yang kurang.

Jika menggunakan baja ringan batangan, anda pasti harus memikirkan bahan-bahan lainnya jika ada kekurangan, harus melakukan pemesanan kembali. Selain akan memakan biaya, juga akan membuat waktu yang ada rencanakan. Tentu menjadi tidak efisien bukan?

Kualitas Terbaik

Meskipun memiliki penyebutan yang sama antara baja ringan batangan dan baja ringan system, yang memang intinya adalah sama-sama baja ringan. Akan tetapi ada beberapa hal yang menjadi pembeda dari kualitasnya.

Baja ringan system sangat memperhatikan setiap detil bahan material pendukung baja ringan untuk kualitas terbaik. Mulai dari hal kecil seperti jumlah sekrup yang memang sesuai kebutuhan dan hingga mutu sekrup itu sendiri, misalkan menggunakan sekrup standard high strength.

Anda harus memperhatikan juga bagaimana lapisan anti karat yang ada pada baja ringan tersebut. Minimal anda mengetahui lapisan anti karat bagaimana yang sesuai dengan standar. Misalnya; Untuk Galvanis (Zinc) minimum Z180 (tebalnya 180 gram/m2), untuk Galvalume (aluminum-zinc) minimum AZ150 (150 gram/m2).

Bagaimana setelah anda membaca hal-hal yang harus diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk menggunakan baja ringan batangan atau menggunakan baja ringan system? jangan sampai anda salah memilih dan ternyata kurang sesuai dengan standar dan kualitas terbaik yang dipilih.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Baja Canai Dingin, Bahan Pembuatan Baja Ringan

Rizal

Menggunakan Baja Ringan System? Kenapa Tidak?

Rizal

Kusen Baja Ringan, Pengganti Kusen Kayu

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami