Kota

Baja Ringan Bali

Baja Ringan Bali

Baja Ringan Bali – Bali adalah sebuah provinsi di Indonesia. Ibu kota provinsi ini adalah Denpasar. Bali juga merupakan salah satu pulau di Kepulauan Nusa Tenggara. Di awal kemerdekaan Indonesia, pulau ini termasuk dalam Provinsi Sunda Kecil yang beribu kota di Singaraja, dan kini terbagi menjadi 3 provinsi: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Serangan, dan Pulau Menjangan.

Secara geografis, Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu. Di dunia, Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

Pulau Bali adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 153 km dan selebar 112 km sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Secara geografis, Bali terletak di 8°25′23″ Lintang Selatan dan 115°14′55″ Bujur Timur yang
membuat nya beriklim tropis seperti bagian Indonesia yang lain.

Gunung Agung adalah titik tertinggi di Bali setinggi 3.148 m. Gunung berapi ini terakhir meletus pada Maret 1963. Gunung Batur juga salah satu gunung yang ada di Bali. Sekitar 30.000 tahun yang lalu, Gunung Batur meletus dan menghasilkan bencana yang dahsyat di bumi. Berbeda dengan di bagian utara, bagian selatan Bali adalah dataran rendah yang dialiri sungai-sungai.

Baja Ringan Bali – Berdasarkan relief dan topografi, di tengah-tengah Pulau Bali terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur dan di antara pegunungan tersebut terdapat gugusan gunung berapi yaitu Gunung Batur dan Gunung Agung serta gunung yang tidak berapi, yaitu Gunung Merbuk, Gunung Patas dan Gunung Seraya. Adanya pegunungan tersebut menyebabkan Daerah Bali secara Geografis terbagi menjadi 2 (dua) bagian yang tidak sama yaitu Bali Utara dengan dataran rendah yang sempit dan kurang landai dan Bali Selatan dengan dataran rendah yang luas dan landai. Kemiringan lahan Pulau Bali terdiri dari lahan datar (0-2%) seluas 122.652 ha, lahan bergelombang (2-15%) seluas 118.339 ha, lahan curam (15-40%) seluas 190.486 ha dan lahan sangat curam (>40%) seluas 132.189 ha. Provinsi Bali memiliki 4 (empat) buah danau yang berlokasi di daerah pegunungan, yaitu Danau Beratan atau Bedugul, Buyan, Tamblingan, dan Batur. Alam Bali yang indah menjadikan pulau Bali terkenal sebagai daerah wisata.

Ibu kota Bali adalah Denpasar. Tempat-tempat penting lainnya adalah Ubud sebagai pusat kesenian dan peristirahatan, terletak di Kabupaten Gianyar. Nusa Lembongan adalah sebagai salah satu tempat menyelam (diving), terletak di Kabupaten Klungkung. Sedangkan Kuta, Seminyak, Jimbaran dan Nusa Dua adalah beberapa tempat yang menjadi tujuan utama pariwisata, baik wisata pantai maupun tempat peristirahatan, spa, dan lain-lain, terletak di Kabupaten Badung.

Luas wilayah Provinsi Bali adalah 5.636,66 km2 atau 0,29% luas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Secara administratif Provinsi Bali terbagi atas 8 kabupaten, 1 kotamadya, 55 kecamatan, dan 701 desa/kelurahan.

Penduduk Bali kira-kira sejumlah 4 juta jiwa lebih, dengan mayoritas 83,5% menganut agama Hindu. Agama lainnya adalah Buddha (0,54%), Islam (13,37%), Kristen Protestan (1,66%), Katolik (0.88%), Konghucu (0.01%), dan Aliran Kepercayaan (0.01%).

Selain dari sektor pariwisata, penduduk Bali juga hidup dari pertanian dan perikanan, yang paling dikenal dunia dari pertanian di Bali ialah sistem Subak. Sebagian juga memilih menjadi seniman. Bahasa yang digunakan di Bali adalah bahasa Indonesia, Bali dan Inggris khususnya bagi yang bekerja di sektor pariwisata.

Baja Ringan Bali – Bahasa Bali dan bahasa Indonesia adalah bahasa yang paling luas pemakaiannya di Bali dan sebagaimana penduduk Indonesia lainnya, sebagian besar masyarakat Bali adalah bilingual atau bahkan trilingual. Meskipun terdapat beberapa dialek dalam bahasa Bali, umumnya masyarakat Bali menggunakan sebentuk bahasa Bali pergaulan sebagai pilihan dalam berkomunikasi. Secara tradisi, penggunaan berbagai dialek bahasa Bali ditentukan berdasarkan sistem catur warna dalam agama Hindu Dharma dan keanggotan klan (istilah Bali: soroh, gotra); meskipun pelaksanaan tradisi tersebut cenderung berkurang. Di beberapa tempat di Bali ditemukan sejumlah pemakai bahasa Jawa.

Bahasa Inggris adalah bahasa ketiga (dan bahasa asing utama) bagi banyak masyarakat Bali yang dipengaruhi oleh kebutuhan yang besar dari industri pariwisata. Para karyawan yang bekerja pada pusat-pusat informasi wisatawan di Bali, sering kali juga memahami beberapa bahasa asing dengan kompetensi yang cukup memadai. Bahasa Jepang juga menjadi prioritas pendidikan di Bali.

Daftar Distributor Baja Ringan
Baja Ringan JakartaBaja Ringan Bali
Baja Ringan BandungBaja Ringan Kupang
Baja Ringan CirebonBaja Ringan Balikpapan
Baja Ringan SemarangBaja Ringan Gorontalo
Baja Ringan PurwokertoBaja Ringan Surabaya
Baja Ringan YogyakartaBaja Ringan Manado
Baja Ringan MagelangBaja Ringan Makassar
 Baja Ringan SoloBaja Ringan Manukwari

Sumber Google

Setelah Mengetahui seluk beluk daerah baja ringan di atas, sekarang kita bahas apa itu Baja Ringan , Baja ringan adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional. Ada beberapa macam baja ringan yang dikelompokan berdasarkan nilai tegangan tariknya (tensile strength). Kemampuan tegangan tarik ini umumnya didasarkan pada fungsi akhir .

Baja Ringan Bali – Sebagai contoh untuk produk structural seperti rangka atap baja ringan dengan tegangan tarik tinggi (G550). Namun untuk berbagai produk home appliances diperlukan baja ringan dengan tegangan tarik yang lebih rendah (G300, G250) yang lebih lentur dan lunak sehingga lebih mudah dibentuk sesuai keinginan.

Pada umumnya, bahan baku adalah baja mutu tinggi dengan standar high tensile strength 550 Mpa (5500 kg/cm2). Kekuatan ini merupakan elemen dasar untuk kekuatan tarik baja ringan saat ini. Dengan kekuatan minimum G550, baja ringan tersebut memiliki kekuatan leleh minimum 550 Mpa. Dibuktikan dalam uji laboratorium tidak boleh putus saat ditarik dengan kekuatan 500 Mpa. Selain itu, baja tersebut juga memiliki modulus geser 80.000 Mpa dan modulus elastisnya 200.000 Mpa.

Baja Ringan Bali – Meskipun lebih ringan dan tipis dari baja konvensional, dengan kuat tarik sebesar 550 Mpa baja ringan dapat dijadikan andalan untuk menopang beban struktur bangunan. Untuk fungsi non structural seperti penutup atap digunakan baja ringan kualitas G300.

Bagaimana dengan ketebalan ? Dipasaran umum ketebalannya berkisar antara 0,20 – 2,00 mm. Variasi ketebalan ini ditentukan oleh fungsi, seberapa besar beban yang ditopang dan ukuran bentang baja itu sendiri. Ketebalan yang lebih kecil dibanding dengan baja konvensional bertujuan untuk mengurangi beban struktur bangunan.

Kuda-kuda baja ringan mempunyai ketebalan antara 0,45 – 1,00 mm. Berbeda dengan kolom yang akan menopang beban yang lebih besar, ketebalannya kisaran antara 1,00 – 2,00 mm (profil C). Sedangkan untuk genteng metal ketebalannya 0,20 mm karena bisa dikatakan tidak memikul beban, dengan ketebalan tersebut sudah cukup memadai.

Baja tersusun dari besi dan karbon (Fe dan C). Apabila unsur tersebut bercampur dengan air dan udara akan timbul reaksi yang mendorong terjadinya karat. Maka perlu dilapisi antikarat. Pengaplikasian lapisan antikarat sangat penting untuk menjaga agar material awet dan tahan lama.

Baja Ringan Bali – Untuk melindungi material baja mutu tinggi dari korosi, harus diberikan lapisan pelindung (coating) secara memadai. Berbagai metode untuk memberikan lapisan pelindung guna mencegah korosi pada baja mutu tinggi telah dikembangkan.

Jenis coating pada yang beredar dipasaran adalah Galvanized, Galvalume, atau sering juga disebut sebagai zincalume dan sebuah produsen mengeluarkan produk baja ringan dengan menambahkan magnesium yang kemudian dikenal dengan ZAM, dikembangkan sejak 1985, menggunakan lapisan pelindung yang terdiri dari : 96% zinc, 6% alumunium, dan 3% magnesium. Tebal coating dipasaran bervariasi, tergantung dari masing-masing produsen.

Related posts

Baja Ringan Palu

SystemBajaRingan

Baja Ringan Tomohon

SystemBajaRingan

Baja Ringan Pontianak

SystemBajaRingan

41 comments

Baja Ringan Cimahi | Baja Ringan System October 31, 2019 at 6:13 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Bekasi | Baja Ringan System November 1, 2019 at 9:34 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Banda Aceh | Baja Ringan System November 4, 2019 at 1:59 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Langsa | Baja Ringan System November 4, 2019 at 2:08 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Lhokseumawe | Baja Ringan System November 4, 2019 at 2:13 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Sabang | Baja Ringan System November 4, 2019 at 2:19 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Subulussalam | Baja Ringan System November 4, 2019 at 2:31 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Binjai | Baja Ringan System November 4, 2019 at 2:34 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Medan | Baja Ringan System November 4, 2019 at 2:40 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Sibolga | Baja Ringan System November 4, 2019 at 2:58 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Tanjungbalai | Baja Ringan System November 4, 2019 at 3:02 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Bengkulu | Baja Ringan System November 4, 2019 at 3:30 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Jambi | Baja Ringan System November 4, 2019 at 3:37 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Sungaipenuh | Baja Ringan System November 4, 2019 at 3:42 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Dumai | Baja Ringan System November 4, 2019 at 4:19 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Pekanbaru | Baja Ringan System November 4, 2019 at 4:23 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Pariaman | Baja Ringan System November 4, 2019 at 4:42 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Payakumbuh | Baja Ringan System November 4, 2019 at 7:04 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Sawahlunto | Baja Ringan System November 4, 2019 at 7:08 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Solok | Baja Ringan System November 4, 2019 at 7:11 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Prabumulih | Baja Ringan System November 4, 2019 at 7:59 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Bandar Lampung | Baja Ringan System November 4, 2019 at 8:03 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Metro | Baja Ringan System November 4, 2019 at 8:17 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Jawa | Baja Ringan System November 4, 2019 at 8:40 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Banjar | Baja Ringan System November 4, 2019 at 8:49 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Blitar | Baja Ringan System November 6, 2019 at 9:01 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Bogor | Baja Ringan System November 6, 2019 at 9:04 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Cilegon | Baja Ringan System November 6, 2019 at 9:21 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Jakarta Pusat | Baja Ringan System November 6, 2019 at 9:49 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Magelang | Baja Ringan System November 18, 2019 at 3:36 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Madiun | Baja Ringan System November 18, 2019 at 3:37 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Mojokerto | Baja Ringan System November 18, 2019 at 3:42 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Serang | Baja Ringan System November 18, 2019 at 4:09 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Tasikmalaya | Baja Ringan System November 18, 2019 at 4:15 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Tegal | Baja Ringan System November 18, 2019 at 4:25 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Kalimantan | Baja Ringan System November 18, 2019 at 4:35 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Pontianak | Baja Ringan System November 18, 2019 at 4:37 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Tarakan | Baja Ringan System November 18, 2019 at 4:47 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Sulawesi | Baja Ringan System November 18, 2019 at 5:02 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Palopo | Baja Ringan System November 18, 2019 at 6:09 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply
Baja Ringan Manado | Baja Ringan System November 18, 2019 at 6:23 am

[…] Baja Ringan Bali […]

Reply

Leave a Comment

Hubungi Kami