Blog Desain Konstruksi

Penggunaan Baja Hollow Pada Rangka Atap

Baja Hollow Rangka Atap

Pada pembuatan sebuah bangunan terlebih khususnya hunian rumah tinggal mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dimulai dari kekuatan material tersebut dan juga jenis-jenis material yang mulai banyak bervariasi dan berinovasi. Salah satunya adalah penggunaan Baja Hollow rangka atap.

Material baja Hollow digunakan untuk rangka atap dalam pembuatan sebuah partisi sistem maupun sebagai sebagai rangka plafon yang biasa disebut dengan Rangka Hollow.

Rangka Hollow biasanya digunakan pada sebuah bentuk partisi atau biasa disebut dengan sekat dan juga dapat dijadikan pembuatan rangka plafon. Penggunaan baja hollow rangka atap dikarenakan kemudahannya dalam memasang  yang sangat efektif dan bisa di bilang lebih efisien, karena dengan pemasangannya yang bisa di bilang cepat membuat baja hollow ini lebih banyak di gunakan terutama sebagai rangka atap, dinding partisi, serta rangka plafond dari sebuah rumah.

Baja hollow yang kokoh sudah banyak digunakan sebagai material untuk menggantikan rangka kayu karena lebih kokoh dan kualitasnya homogen karena diproduksi di pabrik. Saat ini ada banyak macam-macam besi hollow sesuai dengan ukuran serta lapisan coating-nya. Selain itu, material ini juga tahan terhadap serangan rayap, tahan serangan binatang pengerat, serta lebih tahan api. 

Oleh karena itu, baja hollow lebih awet dan tahan lama dibandingkan kayu yang sering juga dipakai sebagai material untuk rangka plafon maupun dinding. Tidak hanya digunakan pada area indoor, baja hollow juga banyak digunakan sebagai material bangunan untuk area outdoor. Baja hollow dapat dipakai sebagai material untuk membuat kanopi carport, pintu pagar, hingga teralis modern rumah. Material ini semakin populer seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap rumah minimalis karena sesuai dengan konsep rumah-rumah minimalis.

Baja hollow  digambarkan berbentuk pipa panjang berongga dengan penampang berbentuk segi empat sehingga sering juga disebut dengan ‘pipa kotak’. Baja hollow sebenarnya bernama hollow structural section. Kadang banyak orang salah kaprah menyebut dengan hollow structural steel. Baja hollow ini memiliki kegunaan yang cukup banyak, bahkan dapat digunakan sebagai bahan utama dalam pemasangan panel gypsum maupun panel GRC.

Macam-macam besi hollow biasanya ditentukan oleh jenis coating yang digunakan untuk melapisi besi. Jenis coating yang dipakai juga menentukan harga jual pasaran dari baja hollow tersebut. Coating yang baik akan melindungi hollow dari korosi serta karat akibat terpaan panas maupun pengaruh kelembaban.

Berikut ini macam-macam jenis baja hollow yang tersedia di pasaran:

Baja Hollow Galvanis

Baja hollow galvanis memiliki lapisan finishing dengan komposisi 97% zinc serta 1% aluminium dan 2% lainnya merupakan bahan-bahan lain. Sumber-sumber lain juga ada yang menyebutkan bahwa komposisi lapisan coating dari besi hollow galvanis adalah 98% zinc dan 2% aluminium.

Besi hollow galvanis dibentuk oleh proses galvanisasi, yaitu pemberian lapisan seng sebagai lapisan anti karat pada besi. Galvanisasi dapat dilakukan dengan cara mencelupkan pipa besi ke dalam cairan timah sehingga lapisan seng menempel pada besi. Lapisan seng melindungi besi dari polutan penyebab karat hingga habis “dimakan” oleh polutan-polutan penyebab karat tersebut. Setelah lapisan seng habis, baru besi akan berkarat.

Baja Hollow Galvalum

Perbedaan utama dari coating dengan galvalum adalah kandungan aluminiumnya yang lebih tinggi, yaitu mencapai 55%. Lebih detailnya lagi, komposisi dari lapisan coating galvalum adalah 55% aluminium dan 45% zinc. Kandungan aluminium yang lebih tinggi membuat besi hollow galvalum lebih tahan terhadap karat.

Namun kelemahan dari besi hollow galvalum adalah tidak tahan terhadap semen sehingga lebih tidak tahan terhadap keropos. Namun apabila tidak digunakan bersentuhan langsung dengan semen, baja hollow galvalum tentunya lebih awet dan mampu bertahan lebih lama dari serangan polutan penyebab karat.

Ukuran Baja Hollow untuk rangka atap yang ada saat ini tersedia dalam beragam ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Baja hollow memiliki beragam jenis panjang dan lebar penampang, serta ketebalan. Ukuran ini biasanya dinyatakan dalam satuan milimeter.

Sumber : Google

Related posts

Perbedaan Baja dan Baja Ringan

Nasuha

Membangun Rumah dengan Jasa Arsitek

Rizal

Spandek Atap, Ketahui Kelebihannya

Nasuha

Leave a Comment

Hubungi Kami