Blog Desain Konstruksi

Apa Itu Atap Spandek Yang Berada di Rumah Kita

Atap Spandek

Atap Spandek merupakan jenis atap baja yang dibuat sedimikian rupa seperti halnya seng memiliki gelombang, namun berbeda dengan atap spandek, yang bentuknya menyudut, hampir mirip denga atap gelombang biasa, namun karena bentuknya menyudut terkesa lebih manis. Hal yang membedakan dengan jenis jenis dari atap lain adalah dari bahan pembuatannya, atap seng gelombang terbuat dari seng, sedangkan spandek ini memakai lapisan zincalume.

Atap Spandek adalah atap yang terbuat dari bahan alumunium dan seng. Beberapa pembuat juga seringkali menambahkan silikon untuk meningkatkan kelenturan dari atap tersebut. Perbandingan yang dimiliki dari pembuatan atap spandek : aluminium 55%, seng 45%, silikon 2%. Campuran dari ketiga bahan ini dapat menghasilkan suatu jenis atap rumah yang gampang dibentuk, kokoh da awet. Disisi lain, bagian penutup atap spandek juga sengaja dibuat sedimikian rupa agar mudah ditempeli cat sehingga proses pengecatan dapat berlangsung secara efektif dan efesien. Hal inilah yang menjadikan atap spandek sangat cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan manufaktur dan bangunan.


Baca Selengkapnya : Produsen Baja Ringan Dukung Bea Masuk Antidumping

Seringkali diaplikasikan untuk penutup pabrik, gudang, ruko, mall dll. Ukuran ketebalan atap yang tersedia dipasaran berkisar antara : 0.3, 0.35, 0.4, 0.45, 0.5 mm, sedangkan ukuran lebar bentangannya sangat bervariasi, begitu pula dengan variasi warna yang ditawarkan juga beragam seperti : putih, abu-abu, hitam, buru, merah, hijau, coklat, kuning, jingga, ungu.

Untuk daya tahan atap spandek ini sering diklaim salah satu material yang paling awet. Rata-rata kekuatan atap ini sunggup bertahan hingga 20 tahun. Perpaduan antara seng dan aluminum juga membuat atap spandek menjadi anti karat. Namun disisi lain daya serap terhadap matahari juga tinggi. Bagian yang ditutupi juga menjadi panas, sehingga kuran gpas untuk hunian penutup di dalam rumah.

Hal ini mengingat jika bahan dasar dari atap spandek yang berupa logam merupakan konduktor / penghantar panas yang baik. Desain kuda-kuda baja ringan ada bebrapa faktor dalam mendesain kuda-kuda, yaitu : kekuatan dalam menahan beban atap, kemiringan atap ( agar air hujan dapat mengalir dengan lancar ) menentukan panjang top chord jangan lupa untuk anda untuk menyertakan ahli dalan melaksanakan pekerjaan kontruksi rangka atap agar tidak terjadi kesalahan sekaligus dapat memperhatikan bagaimana cara pasang atapnya yang dilakukan.

Pemasangan kuda-kuda setelah desain selesai, barulah perkerjaan pemasangan kuda-kuda dapat dilakukan pemasangan reng baja ringan, pemasangan reng bergantung pada jenis penutup atap yang digunakan karena sebaiknya reng harus pas dengan lebar daun dari atap. Jadi jarak antar reng tidak selalu sama , tergantung dari jenis penutup atap yang dipakai.

Baca Selengkapnya : Konstruksi Atap Baja Ringan

Pemasangan atap sebaiknya dilakukan dengan rapi agar tidak terjadi kebocoran saat hujan, pemasangan raung, nok pinggir, flashing perlu dilkukan dengan rapi kuat dan teliti. Sebelum membuat atap dirumah atau gudang anda, sebaiknya anda mengetauhi bagaimana cara menghitung volume, bentuk atap, type pelana atau 2 arah, dari as nok atas diukur sampai akhir teririsan air / dak cor / talang.

Sumber Google

Related posts

Pergola Baja Ringan, Buat Rumah Nyaman

Rizal

Genteng Untuk Baja Ringan

Rizal

Kandang Ternak Ayam, Ini Jenisnya!!

Nasuha

4 comments

Apa Itu Baja Ringan | Baja Ringan System March 30, 2019 at 5:50 am

[…] Baca Selengkapnya : Atap Spandek […]

Reply
Berbagai Macam Screw Baja Ringan | Baja Ringan System April 3, 2019 at 11:37 am

[…] Baca Selengkapnya : Atap Spandek […]

Reply
Apa Itu Baja Ringan Yang Sering Kita Jumpai - Magna System April 6, 2019 at 4:37 pm

[…] Baca Selengkapnya : Atap Spandek […]

Reply
Apa Itu Baja Ringan Yang Sering Kita Jumpai - Harga Baja Ringan April 8, 2019 at 3:20 am

[…] Baca Selengkapnya : Atap Spandek […]

Reply

Leave a Comment

Hubungi Kami