Baja Ringan Blog Konstruksi

Atap Metal Pasir, Apa Kelebihannya?

Atap Metal Pasir

Atap Metal Pasir- Beragamnya pilihan atap sebagai bagian dari sebuah bangunan akan menjadi sangat menarik ditengah beragamnya pilihan dan model atap yang ada saat ini. Atap menjadi bagian penting bagi rumah karena dapat menambah nilai keindahan dan juga mempercantik rumah. Hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada pemilihan jenis atap yang akan digunakan.

Baca Juga : Atap Kaca, Bisa Buat Apa Aja?

Memilih jenis atap genteng metal pasir misalnya, didasarkan pada bahan yang digunakan pada lapisan genteng metal pasir hingga beban yang lebih ringan daripada jenis genteng untuk atap lainnya, atau berdasarkan kemudahan dalam melakukan perawatan yang dilakukan untuk atap anda. Lalu, mengapa misalnya perawatan bisa menjadi alasan untuk memilih genteng atap jenis metal? Sederhana, kemudahan perawatan berarti memudahkan anda dan membuat rumah anda semakin efisien dari segi biaya dan waktu.

Tak perlu mengeluarkan biaya lebih jika atap anda membutuhkan perawatan dengan biaya yang cukup tinggi. Anda bisa melakukan perawatan secara berkala yang bisa saja dilakukan anda tanpa membutuhkan petukang yang cukup banyak.

Meskipun genteng metal cukup populer untuk desain rumah minimalis nan-kekinian, tapi pada kenyataannya masih banyak yang meragukan penggunaan dari Genteng Metal Pasir ini.

Lalu, Apa keuntungan yang didapat jika menggunakan Atap Metal Pasir? Mari kita bahas!

Pertimbangan Bahan

Bahan yang dipakai pada material genteng metal pasir adalah campuran dari zincalume, zinc phospat, dan coraltex dan menggunakan acrilyc sebagai finishingnya. Finishing bertekstur Genteng Metal memberikan perlindungan tambahan dengan menanamkan butiran batu alam dalam lapisan dasar akrilik yang biasa disebit dengan Genteng Metal Berpasir.

Jika dilihat dari bahan-bahan yang digunakan untuk material ini, maka sudah dapat dipastikan bahwa jenis genteng atap ini memiliki kelebihan antikarat. Dengan lapisan-lapisan terbaik inilah yang membuat atap metal pasir ini layak menjadi pilihan anda untuk menggantikan genteng anda yang sudah usang dan digantikan oleh model atap terbaru sehingga rumah anda pun menjadi semakin cantik.

Anti Karat, Kuat, dan Tahan Lama

Dengan spesifikasi bahan yang sudah tercantum diatas, memang genteng metal berpasir ini lebih kuat dan anti karat. Dengan adanya perlindungan dari ZINCALUME yang mengkombinasikan perlindungan korosi aluminium dengan perlindungan seng, memberikan keuntungan bagi kedua logam. Hasilnya, ZINCALUME memiliki usia pakai yang jauh lebih lama daripada produk baja galvanis yang hanya menggunakan seng.

Cuaca yang tidak menentu di Indonesia membuat atap harus berjuang lebih keras dan bertahan lebih lama serta siap menghadapi cuaca hujan dan panas yang berganti secara tidak menentu. Hal ini membuat genteng metal dapat digunakan dalam cuaca apapun.

Dari segi kekuatan, genteng metal pasir ini juga kuat terhadap api. Karena atap jenis ini memiliki sifat tidak membesarkan api. Ketika terjadi kebakaran, api yang ada tidak mudah membesar dan menyebar ke bagian lainnya.

Bahkan, dengan teknik manufaktur modern Genteng Metal meningkatkan daya tahan yang memberikan kesan pelanggan terhadap  produk atap yang digunakan pasti akan bertahan seumur hidup. Bahan-bahan yang terkandung dalam genteng metal pasir membuatnya mampu tahan lama di tengah berbagai serangan cuaca. Genteng metal pasir ini terkenal dengan sifatnya yang tidak mudah pecah, anti jamur, anti karat, anti lapuk, dan anti rayap.

Ringan

Kelebihan lainnya dari menggunakan jenis atap ini adalah Bahan yang ringan memungkinkan mudah dalam pemasangan bahkan konstruksi atap paling kompleks sekalipun. Akan sangat tepat jika menjadi material pendukung jika konstruksi anda menggunakan rangka atap baja ringan.

Rumah anda selain menjadi lebih cantik dan menarik tentu juga tidak menanggung beban yang berat yang berlebih yang dihasilkan dari material yang ada di bagian atap.

Baca Juga : Bahan Atap Rumah Populer

Interlock System

Kasus pencurian melalui atap rumah yang sering terjadi, kini dapat diminimalisir jika anda menggunakan atap metal pasir ini. Mengapa bisa diminimalisir?

Jika menggunakan genteng jenis ini, anda akan mendapatkan sebuah sistem yang tidak bisa dilakukan jika anda menggunakan genteng model lain. Atap metal berpasir ini dipasang dengan menggunakan teknik interlock system yang disusun secara tumpang tindih dan saling mengunci satu sama lain. Tidak sama seperti model genteng lainnya (misal; genteng tanah liat) yang mudah di geser dan di angkat dengan mudah.

Sudah tertarik mengganti genteng lama anda dengan genteng metal berpasir?

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Rangkuman Artikel 3

SystemBajaRingan

Material Bahan Bangunan Rumah Cara Memilihnya

Rizal

Carport Baja Ringan Sebuah Bangunan

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami