Blog Desain

Atap Kaca, Bisa Buat Apa Aja?

Atap Kaca

Memasang atap kaca, apa bisa? apa tidak akan pecah? Apa kuat ?

Lalu, bisa diaplikasilan ke bangunan apa aja sih atap kaca itu?

Atap kaca merupakan salah satu bahan material yang memiliki fungsi untuk memberikan pasokan matahari dan membuat ruang terbuka di bangunan menjadi lebih banyak. Pencahayaan matahari akan dengan secara alami masuk ke dalam ruangan tersebut.

Semakin baik kualitas pencahayaan yang masuk, semakin baik juga sirkulasi cahaya yang ada pada banguan tersebut. Dengan menggunakan atap kaca, anda tidak perlu terlalu banyak membuat ventilasi cahaya pada bangunan anda. Jika menggunakan atap kaca, maka bangunan anda secara merata akan mendapatkan proses penyinaran yang alami langsung dari sinar matahari.

Baca Juga : Bahan Atap Rumah Populer

Nah, lalu bisa diaplikasikan pada jenis bangunan apa saja ya? Yuk kita bahas Bangunan dari Atap Kaca tersebut!

1. Teras Rumah

Jika anda memiliki rumah dengan halaman yang cukup luas, anda bisa mengaplikasikannya dengan membuat teras rumah yang dipadukan dengan kanopi yang dilapisi kaca. Dengan memadukannya menjadi sebuah teras rumah, tentu akan semakin membuat rumah anda semakin minimalis dan elegan dengan nilai estetik yang cukup baik.

Jadi makin asik deh kumpul bareng keluarga di halaman belakang teras rumah!

2. Carport

Model Carport atau garasi rumah ini menjadi hal yang penting untuk melindungi kendaraan rumah anda dari gangguan luar seperti binatang atau gangguan lainnya. Apalagi jika model rumah anda tidak memiliki lahan lebih untuk membuat sebuah darasi yang berada didalam, penambahan carport ini tentu penting.

Jika anda bosan menggunakan kanopi untuk garasi anda dengan menggunakan model genteng metal atau seng, anda bisa menjatuhkan pilihan dengan menggunakan kaca. Carport kaca yang anda pilih sebaiknya menggunakan kaca buram karena mobil yang diparkir dibawah akan lebih aman dan terlindungi dari sinar matahari.

3. Dapur

Penggunaan Atap kaca di dapur memang sudah jarang digunakan. Biasanya, dapur menjadi bagian paling belakang dari sebuah bangunan atau rumah. Dan memang dapur menjadi area yang paling tidak terjangkau pencahayaan yang baik.

Dengan beragamnya desain pada rumah anda, memadukan dapur dengan atap kaca bisa menjadi pilihan. Saat pagi hari dan sedang memasak, anda bisa merasakan sinar cahaya matahari pagi yang baik di dapur. Menyegarkan dan sekaligus menyehatkan bukan?

4. Cafe

Konsep cafe dengan memadukan konsep green house sudah mulai banyak. Dengan konsep yang cukup simpel dan memadukan konsep alam yang didukung pencahayaan matahari yang baik menjadi pilihan.

Cafe seringkali menjadi tempat nongkrong yang nyaman untuk bercengkerama, desain cafe kontemporer menjadi ide menarik untuk memberikan kenyamanan pagi para pengunjungnya. Konsep memadukan hal tersebut tentu menjadi hal yang sangat menarik.

Dengan memadukannya anda tidak perlu bingung untuk mendesain seperti apa cafe yang anda inginkan. Anda bahkan bisa lebih bereksperimen untuk semakin mempercantik tempat usaha anda dan mengikuti tren yang ada saat ini.

Setelah mengetahui bisa diaplikasikan pada desain apa saja, mari kita bahas apa saja keuntungan dan kerugian menggunakan atap kaca sebagai bagian dari material bangunan anda, Yuk bahas!

Baca Juga : Baja Ringan Lampung

Kelebihan Atap Kaca

  1. Pencahayaan alami
  2. Memperluas Ruangan
  3. Memiliki ventilasi tambahan
  4. Memiliki ketahanan yang cukup tinggi
  5. Hemat Listrik

Kekurangan Atap Kaca

  1. Konstruksinya susah dan memakan waktu yang lama. 
  2. Perawatan yang cukup sulit
  3. Meningkatkan suhu panas saat cuasa sedang panas
  4. Memiliki harga yang relatif mahal.

Setelah mengetahui pengaplikasian atap kaca bisa dipadukan dengan apa saja sebagai material, juga mengetahui kelebihan dan kekurangannya apakah anda akan menjatuhkan pilihan untuk menambah kaca pada bagian rumah atau bangunan anda? Menarik bukan?

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Memilih Aplikator Baja Ringan Berpengalaman

Nasuha

Atap Baja Ringan Tahan Cuaca dan Rayap

Rizal

Strategi Menekan Bujet Pembangunan Rumah Kita

SystemBajaRingan

Leave a Comment

Hubungi Kami