Baja Ringan Konstruksi

Atap Garasi untuk Rumah Impian

Mengenal Jenis Atap Garasi

Atap Garasi untuk Rumah Impian – sebagai bagian dari rumah anda menjadi gerbang masuk untuk menuju rumah. Beragam desain garasi ini sangat digandrungi masyarakat terutama jika menggunakan desain rumah yang minimalis. Bahkan untuk anda yang tidak memiliki lahan cukup di dalam rumah, garasi mobil saat ini sudah bisa digantikan dengan emper mobil yang dipadukan dengan beragam jenis kanopi baja ringan sebagai ruang untuk garasi kendaraan anda.

Kanopi memiliki Fungsi utama yaitu untuk melindungi penghuni maupun bagian luar suatu rumah atau bangunan yang lain dari sinar matahari atau terpaan hujan, namun selaiun fungsi utama tersebut, kanopi juga mempunyai fungsi dan kegunaan yang tidak kalah pentingnya, diantarannya:

Baca Juga : Seng Baja Ringan

  • Memberikan perlindungan bagi penghuni rumah dari benda-benda yang jatuh dari atas serta mampu memberikan privasi bagi penggunannya
  • Kanopi mampu dan memberikan nilai dekoratif tambahan pada bangunan. Nilai dekoratif disini maksudnya adalah kanopi mampu menambah keindahan desain atau tampak dari suatu rumah atau bangunan.
  • Melindungi kendaraan anda dari ancaman sinar matahari dan hujan, juga melindungi dari benda asing.

Dengan menambahka kanopi yang dipadukan dengan atap garasi yang sesuai keinginan anda juga dapat menjadi kepuasan anda tersendiri jika anda ingin membuat rumah anda semakin cantic dan dekoratif. Berikut adalah macam-macan atap garasi yang dapat dipadukan dengan Canopy baja ringan yang sudah banyak dijual dipasaran atau banyak diproduksi oleh fabrikator baja ringan.

Yuk kita bahas satu persatu jenisnya:

  1. Atap Zincalume

Jenis atap zincalume merupakan jenis atap yang merupakan merk dagang dari salah satu produsen yang cukup ternama dan juga termasuk pioneer dalam produk baja ringan. Konsumen mungkin mengira bahwa zincalume  merupakan jenis material baja ringan yang memiliki komposisi yang sama dengan kandungan material Galvalume. Material ini merupakan material yang popular dengan lapisan Zinc dan Alumunium. Sifat alumunium yang anti karat dikombinasikan dengan Zinc yang keras menjadikan kombinasi kedua bahan ini lebih tahan tahan karat, kuat, dan lebh ringan jika dibandingkan dengan Galvanis. Zincalume juga memiliki ketahanan terhadap karat/ korosi yang mencapai 4 kali lipat jika dibandingkan dengan baja berlapis Ganvalnis.

  • Atap Polycarbonate

Atap jenis ini terbuat dari bahan lembaran plastik atau fiber berongga. Bahan ini dapat menyerap dan menahan sinar matahari secara optimal. Atap jenis Polycarbonate juga dapat bertahan hingga 10 tahun lamanya.

Kelebihan yang dimiliki oleh Polycarbonate ini yaitu lebih kuat, kokoh dan juga ringan. Selain itu, Polycarbonate lebih fleksibel dan juga tahan panas juga dengan beragam model desain warna yang beragam.

  • Atap Onduline

Atap Onduline juga banyak digunakan sebagai atap kanopi oleh masyarakat. Memiliki karakteristik yang cocok untuk berbagai jenis kebutuhan dan bahkan dapat digunakan sebagai atap rumah dengan berbagai macam varian warna dan ukuran.

Baca Juga : Desain Atap Rumah

Keunggulan atap ini adalah menyerap kebisingan suara yang timbul akibat air hujan sehingga dapat menciptakan rasa nyaman pada lingkungan yang berada di bawahnya. Atap ini juga memiliki ketahanan terhadap kecepatan angina yang mencapai 120mph bahkan hingga tahan terhadap angin topan sekalipun. Dan kekuatan atap ini dapat menampung beban hingga 0.9 ton/meter, sangat cocok untuk lingkungan yang memiliki musim salju.

  • Atap Seng

Penggunaan seng sebagai penutup dari atap garasi anda bisa juga menjadi pilihan anda. Atap ini merupakan jenis atap yang jauh lebih murah dan ringan. Akan tetapi atap seng ini memiliki banyak kekurangan jika dibandingkan dengan jenis atap-atap yang sudah dijabarkan di atas. Atap seng memiliki sisi penampilan yang lebar dan kurang atraktif untuk mendukung keinginan anda yang memiliki imajinasi dan ingin mempercantik rumah anda. Selain itu, seng memiliki sifat menahan panas dan mudah berkarat dan keropos. Sangat riskan dan tentunya akan membuat anda harus mengeluarkan biaya perawatan yang ekstra jika sudah terjadi kerusakan.

Nah, itulah beberapa jenis yang bisa anda jadikankanopi dari garasi bagi anda yang memiliki keterbatasan lahan pada rumah anda. Juga sebagai pendukung jika anda ingin mempercantik bagian depan rumah anda.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Self Drilling Screw Pada Baja Ringan

Rizal

Alumunium Foil Untuk Atap Rumah

Rizal

MAGNA SYSTEM: Buat apa Saja?

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami