Baja Ringan Blog Konstruksi

Atap Bentang Lebar; Magna System Solusinya

Atap Bentang Lebar

Atap bentang lebar – mungkin anda jarang sekali mendengarnya. Memang, rangka atap yang cukup populer biasanya rangka atap baja ringan yang diperuntukkan untuk bangunan seperti rumah, carport, ataupun rangka atap lainnya. Untuk bangunan dengan lebar yang cukup luas, biasanya menggunakan rangka atap yang dibuat dari baja konvensional. Baja yang mampu menahan beban berat dan lebar yang cukup tinggi.

Lalu, apakah bisa jika membuat atap bentang lebar menggunakan baja yang ringan? Jawabannya, bisa.

Perkembangan rangka atap baja ringan yang ada di Indonesia dalam dunia konstruksi bangunan mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Akan tetapi, persaingan serta produktifitasnya yang tinggi itu kadang mengabaikan mutu serta kualitas dari baja ringan itu sendiri. Hal inilah yang membuat sering terjadinya kegagalan dalam pemasangan yang mengakibatkan sistem dalam struktur kuda-kuda yang menjadi lemah dan roboh.

Baca Juga : Atap Zincalume dengan Keunggulannya

Apakah aman jika digunakan untuk bangunan dengan bentang yang lebar?

Seiring berkembangnya dan semakin canggihnya teknologi, penggunaan baja konvensional untuk atap bentang lebar mulai tergeserkan dengan hadirnya sebuah sistem baru, magna system. Sistem ini merupakan sebuah pembaharuan dalam menggantikan peranan dari baja konvensional yang selama ini menjadi pilihan utama dalam membangun sebuah bangunan dengan skala menengah hingga besar.

Magna system menggunakan mutu baja material 550Mpa yang digunakan untyuk struktur pendukung dengan profil ketebalan di bawah 1,5mm, dan 450 Mpa yang digunakan untuk struktur utama dengan profil ketebalan di atas 1,5 mm. Magna System ini juga dilapisi dengan lapisan antikarat galvanis (zinc) dengan ketebalan lapisan Z275(275gram/m ²) untuk struktur utama, dan Z220 (220gram/m ² ) untuk struktur pendukung.

Magna system ini merupakan PEB-Light yang menjadi teknologi terbaru produksi dalam negeri dan menjadi persembahan terbaik bagi duina konstruksi di Indonesia. PEB atau Pre-Engineered Building merupakan sebuah sistem konstruksi di mana semua proses rekayasa teknik dilakukan di luar lokasi pembangunan, dilakukan di workshop atau pabrik tersendiri. Seluruh proses engineering dilakukan mulai dari desain dan perhitungan struktur, detailing, hingga proses fabrikasi material yang dilakukan secara terintegrasi di luar lokasi dari proyek.

Setelah semua proses engineering selesai, seluruh material akan dikirimkan le lokasi proyek secara terurai sesuai dengan ukuran yang disesuaikan, lalu dirakit menjadi satu kesatuan konstruksi dengan menggunakan rekayasa sistem sambungan dengan sistem baut (bolt).

Magna System PEB-Light pada umumnya menggunakan pelat baja canai dingin (cold-rolled steel atau cold-formed steel) dengan ketebalan yang relatif lebih tipis dengan mutu baja tinggi.

Mengapa harus memilih Magna System untuk aplikasi atap bentang lebar?

Kuat, Ekonomis, dan Usia Pakai Panjang

Struktur Magna System selalu menggunakan perhitungan dengan sesuai standar yang berlaku dengan menggunakan software perhitungan struktur yang andal dan sudah teruji melalui sertifikasi. Proses rekayasa desain menjadikan struktur magna yang terjamin akan kekuatan dan perhitungannya yang dapat di pertanggungjawabkan.

Dengan menggunakan material kualitas terbaik dari mutu baja hingga menggunakan lapisan anti karat, menjadikan Magna System ini memiliki value for money yang tinggi, harga menyesuaikan dengan kualitas. Pemakaian lapisan antikarat galvanis yang sudah teruji membuat usia pakai struktur magna sistem lebih panjang dan lama lagi.

Cepat

Sistem konstruksi PEB/ Pra rekayasa ini memungkinkan perencanaan hingga pemasangan yang dilakukan di lapangan ini bisa dengan cepat. Material yang ada di magna system ini memiliki bobot yang relatif jauh lebih ringan hjika dibandingkan dengan baja konvensional. Hal ini akan memungkinkan proses instalasi yang ada di lapangan dapat dilakukan dengan cepat, misal tidak harus menggunakan alat berar seperti crane.

Baca Juga : Rangka Baja Tahan Api; Sebuah Keunggulan

Rapi, Akurat, dan Mudah Dipasang

Penggunaan mesin roll-form modern pada produksi struktur elemen dari magna system tentu akan menghasilkan material struktur dengan tingkat akurasi dimensi yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan pembuatan sistem struktur konvensional. Hal inilah yang membuat struktur magna system dapat dengan mudah dipasang dengan rapi oleh para tenaga pemasang yang memang sudah ahli dalam mengerjakan struktur baja.

Magna System juga memiliki kemudahan pemasangan karena relatif lebih ringan jika dibandingkan baja konvensional yang harus membutuhkan alat bantu pengangkat seperti crame, maga system bisa di mobilisasi ke tempat-tempat yang sulit sekalipun.

Untuk membaca artikel lainnya mengenai baja ringan dan sebagainya di website Baja Ringan System

Sumber: Google

Related posts

Tren Rumah Minimalis Yang Dapat Dicoba

Rizal

Genteng Metal, Kelebihannya Sebagai Atap

Rizal

Jenis Talang Air Pada Atap Rumah

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami