Blog Desain Konstruksi

Arsitek Terkenal Dunia Yang Menghebohkan

Arsitek Arsitek Terkenal Dunia

Arsitek Arsitek Terkenal Dunia –Arsitek adalah seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau ahli lingkungan binaan. Istilah arsitek seringkali diartikan secara sempit sebagai seorang perancangbangunan, orang yang terlibat dalam perencanaan, merancang, dan mengawasi konstruksi bangunan, yang perannya untuk memandu keputusan yang memengaruhi aspek bangunan tersebut dalam sisi astetika dan budaya.

Definisi tersebut kuranglah tepat karena lingkup pekerjaan seorang arsitek sangat luas, mulai dari lingkup interior ruangan, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, sampai dengan lingkup kota dan regional. Karenanya, lebih tepat mendefinisikan arsitek sebagai seorang ahli di bidang ilmu arsitektur, ahli rancang bangun atau lingkungan binaan.

Arsitek adalah profesi yang membantu klien dalam menerjemahkan kebutuhan/keinginan klien menjadi suatu rancangan baik untuk suatu bangunan. Di kota-kota besar pada umumnya banyak perusahaan arsitek yang menawarkan jasanya untuk membantu klien nya dalam kebutuhan desain dan bangunan.

Para arsitek arsitek terkenal dunia ini membuat sebuah mahakarya yang berupa bangunan bangunan yang indah dan menakjubkan mata. Tak hanya indah, bangunan bangunan yang dirancang oleh arsitek arsitek terkenal dunia ini juga kokoh dan bertahan hingga sekarang. Kira-kira siapa ya para arsitek arsitek terkenal dunia yang karyanya di akui oleh dunia internasional?

  • Le Corbusier

Pria yang bernama asli Charles-Edouard Jeanneret; lahir 6 Oktober 1887 – meninggal 27 Agustus 1965 pada umur 77 tahun adalah arsitek Swiss yang terkenal dalam aliran rancangan/desain International Style bersama dengan Ludwig Mies van der Rohe, Walter Gropius, dan Theo van Doesburg. Ia juga adalah seorang perencana perkotaan, pelukis, pemahat, penulis dan perancang perabot. Corbusier dikenal sebagai salah satu orang pertama yang menyadari pengaruh mobil terhadap bentuk dan rancangan pemukiman manusia. Ia tidak menyukai segala bentuk hiasan atau ornamentasi pada bangunan, dan pernah mengatakan bahwa “semua bangunan seharusnya berwarna putih”.Berikut adalah beberapa hasil karya dari Charles-Edouard Jeanneret:

  • Kursi Chaise longue ‘LC4’
  • 1928 – Villa Savoye, Poissy-sur-Seine, Perancis
  • 1947-1952 – Unité d’Habitation, Marseille, Perancis
  • 1948-1951 – Usine Claude et Duval, Saint-Dié-des-Vosges, Perancis
  • 1950-1955 – Chapelle Notre Dame du Haut, Ronchamp, Perancis
  • Santiago Calatrava

Santiago Calatrava lahir di Valencia , Spanyol pada tahun 1951 . Dia lulus dari Institut Arsitektur di Valencia dan dari Federal Institute of Technology di Zurich . Calatrava membuka arsitektur dan kantor di Zurich . Sebagian besar karya awalnya berada di Swiss dan Spanyol, di mana ia telah memamerkan desain dan memenangkan beberapa penghargaan. Sebagai arsitek dan insinyur , Calatrava sering menciptakan karya-karya inovatif yang bergantung pada pemahaman yang kuat dari kedua aspek kekreatifan dan struktural desain . Keterampilannya sebagai seorang insinyur memungkinkan dia untuk membuat bentuk patung dan ruang yang tidak biasa. Karya Santiago Calatrava diantaranya adalah :

  • Stasiun Kereta Api Stadelhofen, di Zurich, Swiss. Tahun 1983-1984.
  • Alamillo Bridge dan La Cartuja Viaduct, di Seville, Spanyol. Di tahun 1987-1992
  • Campo Volantin Footbridge, di Bilbao, Spanyol. 1990-1998. 
  • Airport Sondica, di Bilbao, Spanyol.1990-1999.
  • Charles Moore

Charles Willard Moore adalah salah satu tokoh terkenal dalam desain interior. Beliau Lahir pada tanggal 31 Oktober 1925, di Benton Harbor, Michigan semasa hidupnya beliau pernah meraih penghargaan AIA Medali Emas pada tahun 1991dan bekerja di berbagai tempat diantaranya Praktek Moore rubel Yudell, Bangunan Piazza D’Italia, Haas School of Business, Proyek Sea Ranch, California, Yale Bangunan Proyek. kemudian pada tanggal 16 Desember 1993 beliau menutup usianya yang ke 68.

Baca Juga : Teknologi Rumah Masa Depan Ramah Lingkungan

Salah satu karyanya adalah Piazza d’Italia (1975-1980) sebuah taman atau ruang terbuka dalam rangka renovasi kawasan kumuh di New Orelans Amerika Serikat, ditujukan untuk para imigran Italia yang mendominasi daerah tersebut. Denah bangunannya berupa lingkaran, diperkuat dengan garis-garis melingkar pada lantai dengan warna dari bahan pada tengah taman di buat model tanah Italia yang berbentuk seperti sepatu tinggi, dikelilingi kolam menggambarkan laut mediterania. Unsur modern art deco dimasukkan dalam beberapa kepala kolom di sela-sela kolom-kolom Italia tersebut.

  • Kenzo Tange

Kenzo Tange lahir di kota kecil Imabari, Jepang Selatan, pada tanggal 4 September 1913. Pada tahun 1935 dia memulai belajar dalam bidang arsitektur di “Department of Architecture at The University of Tokyo”, yang diselesaikannya pada tahun 1938. Dia mulai dikenal masyarakat luas karena hasil studinya mendapat penghargaan dari “Tatsuno Prize”. Kemudian mendapat pengalaman profesional bekerja sama dengan seniornya, Kunio Mayekawa, yang juga lulusan Universitas Tokyo. Tange kembali menuntut ilmu di Universitas Tokyo untuk mendapatkan gelar Masternya, dan mengajar sebagai dosen arsitektur di universitas tersebut. Setelah Perang Dunia II, Tange memenangkan sayembara untuk mengabadikan momen pengeboman kota Hiroshima, “Hiroshima Piece Center”. Setelah memenangkan sayembara itu, Tange membuka kantor konsultan pribadinya. Pada tahun yang sama yaitu 1949, Tange menyelesaikan gelar profesornya di Universitas Tokyo. Setelah mempunyai gelar Profesor, ia menjadi pengajar di Universitas Tokyo pada tahun 1946.

Kenzo Tange pernah bekerja pada Le Corbusier pada tahun 1935-an, masa di mana arsitektur International Style, kubisme, fungsionalisme, sedang berkembang dan nantinya berpengaruh terhadap rancangan-rancangan karya Tange. Tange dapat disejajarkan dengan para tokoh arsitektur modern awal generasi di atasnya seperti, Le Corbusier, Gropius, Wright, van der Rohe, dan lainnya pada masa abad 19. Tange seangkatan dengan para arsitek Amerika yaitu P. Johnson, K. Roche, P. Rudolph, I. M. Pei, dan lainnya pada masa abad 20. Pada karya-karya awal yang dihasilkan Kenzo Tange yaitu menggabungkan modernisme dengan arsitektur tradisional Jepang. Di akhir tahun 1960-an, beliau menghilangkan regionalisme dan berubah ke International Style. Melalui ide-idenya yang universal tanpa menghilangkan kandungan arsitektur tradisional Jepang

Karya karya Kenzo Tange antara lain :

  • Hiroshima Peace Memorial Museum, Hiroshima pada tahun 1955
  • Kurashiki City Hall, Kurashiki, Okayama ditahun 1960
  • Yoyogi National Gymnasium for the 1964 Summer Olympics, Tokyo 
  • Ludwig Mies van der Rohe

Ludwig Mies van der Rohe (27 Maret 1886 – 17 Agustus 1969) adalah seorang arsitek berkebangsaan Jerman. Ia umumnya dipanggil Mies, sesuai nama belakangnya. Ludwig Mies van der Rohe, bersama Walter Gropius dan Le Corbusier, dikenal luas sebagai para perintis arsitektur Modern. Mies, seperti rekan-rekannya pasca Perang Dunia I, berupaya menetapkan gaya arsitektur baru yang mampu mewakili zaman modern seperti yang dilakukan arsitektur Klasik dan Gothik pada zamannya masing-masing. Ia menciptakan gaya arsitektur abad ke-20 yang berpengaruh dengan kejelasan dan kesederhanaan yang ekstrem.

Bangunan-bangunan karyanya memanfaatkan material modern seperti baja industri dan kaca pelat untuk menentukan ruang interior. Ia berupaya menciptakan arsitektur dengan sedikit kerangka struktur yang diseimbangkan dengan kebebasan ruang terbuka yang mengalir bebas. Ia menyebut bangunan-bangunannya arsitektur “kulit dan tulang”. Mies mengambil pendekatan rasional yang dapat memandu proses kreatif perancangan arsitektur.

  • Zaha Hadid

Zaha Hadid yang bernama lengkap Dame Zaha Mohammad Hadid (31 Oktober 1950 – 31 Marer 2016) adalah seorang arsitek Britania kelahiran Irak. Ia adalah wanita pertama dan Muslim pertama yang meraih Penghargaan Arsitektur Pritzker (penghargaan bergengsi tahunan yang diberikan kepada arsitek yang masih hidup, dan telah memberikan kontribusi bagi kemanusiaan dan lingkungan binaan melalui seni arsitektur) pada tahun 2004. Ia meraih Penghargaan Stirling pada tahun 2010 dan 2011.

Setidaknya ada 14 rancangan yang membuat Zaha Hadid menjadi salah satu arsitek yang handal. Heydar Aliyev Centre Baku Azerbaijan, Library and Learning Center University of Economics Vienna, Austria, Dongdaemun Design Plaza (DDP) Seoul South Korea, Vitra Fire Station, Jerman, Galaxy Soho Beijing, Maxxi Museo Italy, London Aquatics Centre England, Guangzhou Opera House Guangzhou China, Bergisel Ski Jump Tower Innsbruck  Austria, The Riverside Museum  Skotlandia, Ordrupgaard Extension Kopenhagen, Phaeno Science Centre Wolfsburg, Pierresvives Montpellier, Hungerburgbahn Innsbruck Austria. Menjadi saksi bagaimana desain arsitektur wanita asal Irak tersebut berhasil membuat dunia terpukau.

Baca Juga : Jenis Talang Air Pada Atap Rumah

Itulah beberapa arsitek arsitek terkenal dunia yang karyanya mungkin bisa menjadi inspirasi buat hunian rumah, atau juga bisa diperuntukkan desain bangunan publik, bangunan kantor, dan sebagainya. Melihat rekam jejak dan karya monumental yang diwariskan, tentu para arsitek arsitek terkenal dunia modern tersebut layak mendapatkan predikat sebagai arsitek modern terkenal sepanjang masa. Sudut pandang dan pendekatan desain para tokoh arsitek arsitek terkenal dunia modern ini turut membantu perkembangan dunia arsitektur hingga kini.

Related posts

Inovasi Magna System Di Construction Fun Day

Rizal

Atap Zincalume dengan Keunggulannya

Nasuha

Jenis Nok Genteng Di Pasaran

Nasuha

Leave a Comment

Hubungi Kami