Baja Ringan Blog Konstruksi

Apa Yang Dapat Dihasilkan dari Baja Ringan???

Ketahui Berbagai Macam Kegunaan Baja Ringan

Baja ringan adalah baja canai dingin dengan kualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis namun kekuatannya tidak kalah dengan baja konvensional. Baja ringan memiliki tegangan tarik tinggi (G550). Baja G550 berarti baja memiliki kuat tarik 550 Mpa (Mega Pascal). Baja ringan adalah Baja High Tensile G-550 (Minimum Yeild Strenght 5500 Kg/M2) dengan standar bahan ASTM A792, JIS G3302, SGC 570.

Untuk melindungi material baja mutu tinggi dari korosi, harus diberikan lapisan pelindung (coating) secara memadai. Berbagai metode untuk memberikan lapisan pelindung guna mencegah korosi pada baja mutu tinggi telah dikembangkan. Jenis coating pada baja ringan yang beredar di pasaran adalah Galvanized, Galvalum, atau sering juga disebut sebagai zincalume dan sebuah produsen mengeluarkan produk baja ringan dengan menambahkan magnesium yang kemudian dikenal dengan ZAM, dikembangkan sejak 1985, menggunakan lapisan pelindung yang terdiri dari 96 % zinc, 6 % alumunium, dan 3 % magnesium.

Pada penggunaan baja ringan itu sendiri, banyak fungsi dari baja ringan yang dapat dipergunakan pada konstruksi bangunan. Baja ringan saat ini merupakan suatu material yang dapat dijumpai hampir disetiap bangunan diwilayah Indonesia. Kegunaannya pun hadir menggantikan kayu, besi, dan material lainnya. Baja ringan itu sendiri dapat dipadupadankan dengan beberapa material lainnya didalam suatu bangunan.

Berikut ini adalah fungsi dari baja ringan yang bisa dijadikan suatu struktur, partisi, dan bagian dari suatu rumah maupun bangunan lainnya.

Rangka Atap Rumah

Di era sekarang ini baja, ringan mulai menjadi suatu material bangunan yang penggunaannya sangat dibutuhkan, salah satu contohnya adalah kegunaannya untuk sebuah rangka atap rumah. Kebanyakan orang kini beralih menggunakan baja ringan untuk atap rumah mereka dikarenakan bahannya yang tahan lama. Fungsi dari baja ringan untuk rangka atap rumah ini adalah menggantikan peranan dari rangka kayu ataupun  yang sudah lama menjadi pilihan bagi rangka atap rumah mereka. Peralihan dari rangka atap kayu menjadi baja ringan merupakan pilihan yang tepat, karena material rangka atap kayu tidak dapat bertahan lama.

Dinding Partisi Wall Frame

Fungsi dari baja ringan yang lain adalah kegunaannya pada struktur bangunan bagian dalam menggantikan besi beton untuk struktur bangunan rumah. Baja ringan untuk wall frame ini kekuatannya sama dengan besi beton yang sering digunakan pada struktur bangunan. Namun hanya saja masyarakat masih menggunakan material besi beton ini untuk dijadikan struktur suatu bangunan dibandingkan baja ringan.

Kusen Rumah

Fungsi dari baja ringan selanjutnya adalah pada kusen jendela rumah. Sama halnya dengan penggunaan baja ringan untuk atap dari kayu, baja ringan untuk kusen jendela rumah lebih kuat terhadap rayap. Namun kayu memiliki kelemahan yaitu lapuk dan serangan rayap yang selalu membuat kita harus mengganti kusen, pintu atau pun jendela. Menggunakan material baja ringan tentunya akan awet dan bebas dari rayap sehingga lebih lama lagi daya tahan nya. Selain itu kusen maupun produk baja ringan lain nya memiliki desain desain yang menarik dan bisa di custom.

Dengan harga kusen baja ringan lebih mahal maka anda akan mendapatkan berbagai desain modern yang menarik namun masih berkesan minimalis. Selain itu kusen pintu dari baja ringan juga dapat bertahan dengan baik dari serangan cuaca baik panas maupun hujan. Berbeda dengan kayu yang akan mengalami penyusutan dan kelapukan jika terus menerus terserang panas dan hujan.

Kanopi Dari Baja Ringan

Fungsi dari baja ringan yang selanjutnya adalah penggunaannya untuk kanopi rumah. Biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan kanopi baja ringan secara keseluruhan pada saat mulai pembangunan hingga perawatan bisa dibilang sangat terjangkau dibandingkan dengan kanopi bahan lainnya. Dilihat dari harga bahan bakunya saja sudah jelas kalau kanopi baja ringan ini lebih murah dari bahan yang lainnya. Dilihat dari segi biaya pemasangan pun lebih murah, karena membutuhkan sedikit waktu pemasangan dan mudah dipasang.

Tangga Rumah

Fungsi dari baja ringan lainnya adalah untuk membuat tangga rumah dari baja ringan. Membuat tangga dari bahan baja dapat ditanyakan dahulu kepada ahli yang membuat tangga seperti apa membuatnya dan bahannya apa saja yang di gunakan, untuk bahan baja juga sangat cocok dengan rumah yang minimalis. Jika membuat tangga dari bahan baja ringan lebih mudah juga diaplikasikannya, memiliki daya tahan kuat, aman untuk digunakan, fleksibel, mempersiapkan alat dan bahannya, merakit bajanya, dan membuat garis acuan untuk membuat tangganya. Jika sudah selesai membuat tangga dari baja ringan bisa bersihkan dari sisa-sisa kotoran bekas pembuatan tangganya agar tidak merepotkan yang lainnya, selalu dibersihkan untuk tangganya agar tidak terjadi kotor dan tidak menjadi karatan.

Pagar dari Baja Ringan

Fungsi dari baja ringan adalah dapat juga dipergunakan untuk pagar rumah. Di era yang semakin modern saat ini, penggunaan pagar di sebuah rumah atau bangunan tidak hanya dijadikan sebagai keamana dan pelindung sebuah rumah saja akan tetapi sudah dikaitkan dengan keindahan bagian ekterior sebuah rumah. Jadi, tak usah heran bila di pasaran sudah banyak tersedia model pagar yang sangat bervariasi, dari sekian banyaknya model pagar yang tersedia, saat ini model pagar minimalis lah yang banyak diminati dan menjadi pilihan. Model pagar sendiri memiliki bahan yang beragam diantaranya adalah besi, batu alam, baja ringan, kayu dan lain-lain.

Kandang Ayam Dari Baja Ringan

Fungsi dari baja ringan yang lain adalah penggunaan pada kandang ayam modern. Industri perunggasan saat ini sudah berkembang sangat pesat. Peternak pun mulai menyadari akan kebutuhan teknologi yang modern. Kandang closed house baja ringan dipilih karena merupakan sistem peternakan modern dan memberikan keuntungan lebih bagi mereka. Selain kualitasnya yang jauh lebih baik, dengan pemasangan baja ringan untuk kandang ayam ini juga dapat membuat tampilan kandang lebih kokoh dan bagus. Ditambah lagi kini banyaknya penjual yang menyediakan baja ringan yang berkualitas.

Sumber : Google

Related posts

Prinsip Desain Rumah Minimalis Sentuhan Gaya Jepang

SystemBajaRingan

Struktur Bentang Lebar Bisa Dijadikan Bangunan

Rizal

Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan

SystemBajaRingan

Leave a Comment

Hubungi Kami