Blog Konstruksi

Apa Itu PEB? Ini Dia Penjelasannya

Apa Itu PEB? Ini Dia Penjelasannya

Kebutuhan akan konstruksi bangunan tak hanya kuat (struktural) dan ekonomis (harga), namun juga bisa dibangun atau dibuat dengan cepat dengan akurasi tinggi (rapi, tidak banyak proses perbaikan modifikatif di lapangan). Tuntutan konsumen tak lagi hanya seputar kekuatan prima dengan harga yang wajar. Konstruksi bangunan baja pra rekayasa atau pre-engineered steel building merupakan salah satu jawaban akan kebutuhan tersebut. Sistem konstruksi yang istilahnya kerap disingkat “PEB” ini merupakan jawaban pasti terhadap kebutuhan akan kecepatan dan kerapian seperti tersebut di atas, selain tentunya kuat dan ekonomis.


Pre-Engineered Building adalah sistem konstruksi di mana semua proses rekayasa teknik (engineering) dilakukan di luar lokasi pembangunan, atau dilakukan di workshop/pabrik tersendiri. Seluruh proses engineering mulai dari desain dan perhitungan struktur, gambar terperinci (detailing), gambar kerja (shopdrawing), gambar pemasangan/instalasi (erection/installation drawing) hingga proses fabrikasi material (material fabrication) dilakukan secara terintegrasi di luar lokasi proyek. Setelah semua proses engineering itu selesai, seluruh material dikirimkan ke lokasi proyek dalam kondisi terurai untuk kemudian dirakit/dirangkai menjadi satu kesatuan konstruksi. Salah satu cara untuk meniadakan proses fabrikasi di lapangan adalah dengan rekayasa sistem sambungan yang menggunakan sistem baut (bolt), bukan sambungan las (welding).

Dalam dunia konstruksi baja, secara garis besar PEB terbagi menjadi dua klasifikasi yaitu PEB-Heavy dan PEB-Light.

PEB-Heavy umumnya menggunakan pelat baja tebal (dengan mutu baja normal, sekitar 240 – 300 Mpa). Pelat-pelat baja ini dipotong dan dilas (welded) untuk membentuk profil (section) struktural tertentu sesuai desainnya (beban, estetis, fungsional).

Sedangkan PEB-Light umumnya menggunakan pelat baja canai dingin (cold-rolled  steel atau cold-formed steel) dengan ketebalan relatif lebih tipis namun dengan mutu baja tinggi (sekitar 400 – 600 Mpa). Lembaran baja ini dibentuk dengan mesin roll-form membentuk profil (section) tertentu, bisa “C”, “Z”, atau omega section.

Magna System merupakan PEB-Light yang dikerjakan oleh anak bangsa, diproduksi di dalam negeri dan merupakan persembahan terbaik bagi dunia konstruksi Nusantara guna ikut memenuhi kebutuhan konstruksi baja yang kuat, aman, cepat, rapi namun tetap ekonomis.

Sumber : Magna System

Related posts

Apa Itu GRC Board ? Apa Kelebihannya ?

Rizal

Mengatasi Cat Dinding yang Mengelupas

Rizal

Rumah Rangka Baja, Ini 5 Keuntungannya

Nasuha

Leave a Comment

Hubungi Kami