Blog Desain Konstruksi

Apa Itu GRC Board ? Apa Kelebihannya ?

Apa Itu GRC Board ? Apa Kelebihannya ?

Teknologi material bangunan kini teklah maju dan berkembang. Salah satu material bangunan modern yang kini sangat sering digunakan adalah GRC Board. Penggunaan material GRC Board sangat fleksibel dan terkenal akan daya tahannya yang baik. Material satu ini kerap digunakan sebagai alternatif papan multiplek, papan kayu, papan gypsum, atau material papan-papan lainnya.

GRC Board adalah beton pra-cetak yang diperkuat serat dengan matriks semen 50-50 pasir dalam ketebalan dinding yang khas dari tebal 12 sampai 15mm. Profil rusuk berongga dibuat di sekeliling dan di seberang wajah belakang di pusat yang dirancang. memberikan integritas struktural komponen. Tulang rusuk ini memiliki kedalaman antara 50 dan 100mm dan tidak terlihat setelah fasad dipasang. Ini adalah teknologi yang telah terbukti digunakan selama lebih dari 25 tahun dan GRC memberikan kepada perancang pilihan untuk desain fasad yang sedikit bahan lainnya dapat disesuaikan dengan keserbagunaan.

GRC Board dibuat dalam bagian beton tipis yang dibuat oleh proses penyemprotan mesin yang eksklusif dari semen OP yang diperkaya dan campuran agregat di mana serat kaca tahan alkali menyediakan tulangan. Tidak seperti baja, serat kaca tidak akan pernah berkarat dan ditempatkan di seluruh ketebalan panel.

GRC Board adalah sekitar 80% lebih ringan dari cladding beton bertulang baja pra-cetak, ia menawarkan fleksibilitas yang lebih besar karena kekuatan tekannya yang unggul dan yang paling penting sifat-sifat lenturnya. Karena beratnya berkurang, ini lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan beton pra-cetak dengan emisi co2 yang lebih rendah selama pembuatan. Pengurangan emisi secara signifikan ditingkatkan jika mengurangi beban pada struktur atas dengan ekonomi yang dihasilkan dalam kerangka struktural dan pondasi diperhitungkan. GRC Board menerima peringkat material BREEAM A + dan mudah ditangani dan cepat ereksi karena pemasangannya yang ringan di berbagai sistem pendukung yang dipesan lebih dahulu.

Hampir tidak ada batasan untuk bentuk atau profil yang dapat dibuat dalam berbagai selesai halus, profil atau tekstur.

Cetakan dapat dibuat untuk meniru profil paling kompleks dalam restorasi, renovasi dan konstruksi baru. Sistem pendukung dapat diadaptasi untuk memenuhi permintaan untuk konstruksi off site yang disatukan.

Lalu apa saja kelebihannya yang membuat material GRC Board?

  • Beban yang sangat ringan

Material GRC board yang terbuat dari fiber kaca membuat beban material papan satu ini jauh lebih ringan dibandingkan material sejenisnya seperti papan gipsum ataupun papan multiplek. Bobotnya yang ringan sering menjadikan material ini mudah untuk dibawa dan dipindah-pindahkan pada saat proses konstruksi.

  • Daya tahan terhadap air dan api

Kelebihan dari GRC board yang paling dikenal dan membuatnya menjadi salah satu material bangunan favorit adalah daya tahan terhadap api dan juga air. Material ini tidak dapat terbakar sehingga menjadi pilihan material bangunan untuk menunjang keamanan bangunan. GRC board tidak akan menjadi lapuk atau menimbulkan bercak akibat rembesan air karena material ini juga memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap air. Kedua kelebihannya ini membuat penggunaan GRC board untuk rumah mampu membuat hunian jadi lebih awet.

  • Penggunaannya pada  indoor dan outdoor

Daya tahan terhadap elemen sebelumnya juga membuat GRC board memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca-cuaca ekstrem. Hal ini membuat material sangat fleksibel yang berarti dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik indoor ataupun outdoor. Penggunaan bahan ini cukup populer sebagai fasad bangunan dan juga plafon untuk interior bangunan.

  • Anti rayap dan anti lapuk

Menggunakan material GRC board juga akan membantu rumah menjadi lebih awet dan aman dari serangan rayap, karena material satu ini juga anti terhadap serangan rayap. Hal ini membuat papan semen GRC tidak akan mudah lapuk dan rapuh.

  • Praktis dalam pengerjaan

Bobot yang ringan membuat material GRC board menjadi lebih praktis untuk digunakan. Namun, hal itu bukanlah satu hal yang membuat material bangunan ini sangat mudah dalam hal pengerjaan. Material papan GRC juga mudah dipotong dan diolah. Kepraktisan dari penggunaan material bangunan yang satu ini mampu menghemat dan juga mempercepat waktu pengerjaan dari rumah atau bangunan.

Sumber : Google

Related posts

Jenis Baja Ringan Taso dan Kenali Kelebihannya

Rizal

Membangun Rumah dengan Jasa Arsitek

Rizal

Magna System Pada Konstruksi Green House

Rizal

Leave a Comment

Hubungi Kami